jasa-ekspedisi-logistik

Ajang Kompetisi Ide Dan Kreativitas Seputar Kehidupan Sekolah Dalam Media Komik

Ajang Berita, SosialAjang kompetisi ide dan kreativitas seputar kehidupan sekolah dalam media komik. Wacom Datascrip Comic Competition, Ajang Unjuk Kreativitas Komikus Muda Indonesia.

Ajang Kompetisi Ide Dan Kreativitas Seputar Kehidupan Sekolah Dalam Media Komik

Komik merupakan media yang banyak dipakai untuk menyampaikan suatu pesan secara kreatif dan inovatif. Bahasa gambar yang digunakan dalam komik bersifat universal sehingga dapat dimengerti oleh semua orang dari berbagai kalangan dan usia. Para pembuat komik alias komikus pun banyak yang mulai berkarya sejak masih duduk di bangku sekolah.
ajang-kompetisi-ide-dan-kreativitas-seputar-kehidupan-sekolah-dalam-media-komik
Ajang Kompetisi Ide Dan Kreativitas Seputar Kehidupan Sekolah Dalam Media Komik
Melihat fenomena ini, PT Datascrip bersama dengan Wacom menggelar Wacom Datascrip Comic Competition. Kompetisi ini bertujuan memberikan kesempatan bagi para siswa dan mahasiswa pecinta komik atau hobi menggambar untuk berkreasi menciptakan karya komik yang artistik, unik dan komunikatif.

Wacom Datascrip Comic Competition yang digelar 1 Juli – 30 September 2014 ini mengangkat tema “Kehidupan Sekolah”. Peserta bebas menuangkan ide dan kreativitasnya seputar kehidupan di sekolah dalam media komik. Kompetisi ini dibagi dalam tiga kategori yaitu untuk pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) serta mahasiswa. Peserta bisa perorangan ataupun kelompok (untuk kategori SMP dan SMA maksimal anggota kelompok 3 orang dan untuk kategori mahasiswa maksimal 2 orang). Komik dapat dibuat secara digital maupun tradisional sebanyak 16-24 halaman (boleh berwarna maupun tidak), dengan ukuran 210mm x 297mm (A4). Komik yang dilombakan merupakan karya orisinil dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

“Melalui Wacom Datascrip Comic Competition, para siswa dan mahasiswa pecinta komik atau hobi menggambar dapat berkreasi menciptakan karya komik yang artistik, unik dan komunikatif. Dengan adanya lomba ini, Wacom dan PT Datascrip juga bermaksud membuka kesempatan kepada para siswa dan mahasiswa berbakat untuk tampil dan dikenal di ajang nasional,” ujar Jeremy Hermanto, Division Manager PT Datascrip.

Karya yang dilombakan dikirimkan ke Tim Wacom Datascrip dengan alamat Gedung Datascrip, Jl. Selaparang Blok B15 Kav 19, Kompleks Kemayoran, Jakarta 10610 selambat-lambatnya tanggal 30 September 2014. Dewan juri yang terdiri dari Is Yuniarto (Komikus), Sweta Kartika (Komikus), Sheila Rooswitha (Komikus), Gita Juwita (Editor re:ON Comics) dan Rendy Burhan (Creative Designer dari Tim Wacom Datascrip) akan memilih pemenang untuk masing-masing kategori dengan hadiah sebagai berikut.

Kategori SMP & SMA

  • Juara 1: 1 unit Wacom Intuos Pen and Touch Medium untuk masing-masing peserta anggota kelompok dan 5 unit Wacom Intuos Pen and Touch Medium untuk sekolah, beserta Sertifikat.
  • Juara 2: 1 unit Wacom Intuos Pen and Touch Small untuk masing-masing peserta anggota kelompok dan 5 unit Wacom Intuos Pen and Touch Small untuk sekolah, beserta Sertifikat.
  • Juara 3: 1 unit Wacom Intuos Pen untuk masing-masing peserta anggota kelompok dan 5 unit Wacom Intuos Pen untuk sekolah, serta Sertifikat.

Kategori Mahasiswa

  • Juara 1: 1 unit Wacom Intuos Pro Large untuk masing-masing peserta anggota kelompok, beserta Sertifikat.
  • Juara 2: 1 unit Wacom Intuos Pro Medium untuk masing-masing peserta anggota kelompok, beserta Sertifikat.
  • Juara 3: 1 unit Wacom Intuos Pro Small untuk masing-masing peserta anggota kelompok, beserta Sertifikat.

Hadiah untuk para pemenang ajang kompetisi ide dan kreativitas seputar kehidupan sekolah dalam media komik akan diserahkan Dewan Juri pada Malam Penganugerahan di Jakarta pada bulan Oktober 2014.