Pendapatan Industri Semikonduktor Menurun untuk Pertama Kali Sejak Kuartal Pertama Tahun 2020

Ajang Berita - Pendapatan industri semikonduktor menurun untuk pertama kali sejak kuartal pertama Tahun 2020. Omdia: Pasar semikonduktor stabil setelah mencatat rekor pendapatan selama lima kuartal berturut-turut.

Pendapatan Industri Semikonduktor Menurun untuk Pertama Kali Sejak Kuartal Pertama Tahun 2020

Pasar semikonduktor yang sangat panas mencapai puncaknya pada kuartal pertama tahun 2022 setelah mencatat rekor pendapatan selama lima kuartal berturut-turut di atas pertumbuhan yang berkelanjutan, dengan penurunan pasar hanya 0,03% dibandingkan kuartal sebelumnya, menurut analisis kompetitif terbaru Omdia tentang pasar semikonduktor di seluruh dunia.
pendapatan-industri-semikonduktor-menurun-untuk-pertama-kali-sejak-kuartal-pertama-tahun-2020
Pendapatan industri semikonduktor menurun untuk pertama kali sejak kuartal pertama Tahun 2020
"Total pendapatan semikonduktor telah tumbuh setiap kuartal sejak kuartal kedua tahun 2020, dan pasar membuat rekor pendapatan total baru setiap kuartal dimulai pada kuartal keempat tahun 2020.

Namun pasar mematahkan kedua garis tersebut di kuartal pertama tahun 2022, menurun untuk pertama kalinya sejak kuartal pertama tahun 2020," kata Cliff Leimbach, Senior Analis Riset dan penulis Layanan Sorotan Lanskap Kompetitif Semikonduktor (CLT) Omdia.

Permintaan Berkurang Setelah Musim Liburan

Leimbach menambahkan bahwa penurunan itu cukup kecil mengingat ukuran pasar, dan pendapatan semikonduktor tetap mendekati tertinggi sepanjang masa.
Pendapatan di kuartal pertama tahun 2022 turun dari $159,35 miliar di kuartal keempat tahun 2021 menjadi $159,30 miliar di kuartal pertama tahun 2022, dan kuartal pertama tahun 2022 merupakan rekor pendapatan tertinggi kedua.

Selain itu, penurunan pada kuartal pertama tahun 2022 tergolong rendah menurut standar historis.

Kuartal pertama biasanya merupakan kuartal turun karena permintaan berkurang setelah musim liburan.

Sejak Omdia mulai melacak pasar pada tingkat triwulanan pada tahun 2002, penurunan rata-rata pada kuartal pertama adalah 4,4%. (Lihat grafik.)

Ulasan Kuartal Pertama

Hampir semua komponen semikonduktor mengalami pertumbuhan berurutan antara -5% dan 5% di kuartal pertama tahun 2022 dibandingkan kuartal keempat tahun 2022.
Pencilan termasuk sensor CMOS, yang menurun 16% kuartal-ke-kuartal.
Biasanya, pasar ini menurun di kuartal pertama, tetapi faktor tambahan berperan dalam periode ini:
  • Kenaikan harga bahan baku secara global, memberikan tekanan pada inflasi.
  • Mengurangi belanja konsumen di kuartal pertama, khususnya untuk smartphone.
  • Dampak pandemi yang sedang berlangsung di pasar-pasar utama di kuartal pertama, yang telah mempengaruhi rantai pasokan untuk smartphone dan produk elektronik lainnya.

10 Besar Pangsa Pasar Industri Semikonduktor

Setelah nyaris melampaui Intel di kuartal keempat tahun 2021, Samsung meningkatkan keunggulannya di kuartal pertama.
pendapatan-industri-semikonduktor-menurun-untuk-pertama-kali-sejak-kuartal-pertama-tahun-2020
10 Besar Pangsa Pasar Industri Semikonduktor
Pendapatan memori Samsung tetap kuat, sementara pendapatan MPU, yang sangat dipengaruhi oleh Intel, mengalami pelemahan di kuartal pertama tahun 2022.

Di luar dua perusahaan teratas, yang perlu diperhatikan adalah AMD, yang naik dari posisi kedelapan ke keenam karena akuisisi Xilinx mereka ditutup.

Perusahaan memori (Samsung, SK Hynix, Micron) tetap menjadi pemberi pengaruh utama di pasar memori, dengan total pendapatan memori (DRAM, NAND, NOR) turun hanya 2,2% di kuartal pertama tahun 2022.

Omdia adalah kelompok penelitian dan penasihat terkemuka yang berfokus pada industri teknologi.

Dengan klien yang beroperasi di lebih dari 120 negara, Omdia menyediakan data penting pasar, analisis, saran, dan konsultasi khusus.

Dari data yang dikumpulkan didapat kesimpulan bahwa pendapatan industri semikonduktor menurun untuk pertama kali sejak kuartal pertama tahun 2020.
jasa-pengiriman-ekspedisi