jasa-ekspedisi-logistik

Kehadiran Smartphone Telah Mengubah Pola Belanja Masyarakat

Ajang Berita, Telematika - Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh IDC, ternyata kehadiran smartphone telah mengubah pola belanja masyarakat selama ini.

Kehadiran Smartphone Telah Mengubah Pola Belanja Masyarakat

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh lembaga riset IDC, ditemukan hasil bahwa kehadiran smartphone telah mengubah pola belanja masyarakat. Sekitar 69% dari responden setuju bahwa smartphone adalah alat penting untuk berbelanja dan 70% mengatakan mereka berencana untuk menggunakan smartphone mereka untuk berbelanja di tahun mendatang. 

Selain itu, tujuh dari sepuluh responden mengatakan mereka memeriksa harga menggunakan smartphone mereka, dan 50% mengatakan mereka mempelajari review produk melalui smartphone mereka, terlihat jelas bahwa kehadiran smartphone telah mengubah pola belanja masyarakat. 
Kehadiran-smartphone-telah-mengubah-pola-belanja-masyarakat
Kehadiran Smartphone Telah Mengubah Pola Belanja Masyarakat
Penelitian mengenai penggunaan telepon selular dari IDC ini menunjukkan bahwa pada musim liburan kali ini, satu dari lima responden pada saat mereka sedang berbelanja di sebuah toko ritel justru membeli dari pesaing toko tersebut dengan cara online, hal ini menunjukkan kehadiran smartphone telah mengubah pola belanja masyarakat. Lalu bila dibandingkan dengan tahun lalu, tahun ini tercatat bahwa satu dari tiga responden mengindikasikan mereka lebih suka membeli secara online daripada membeli di toko. 

Aktivitas aplikasi dan mobile web dari lebih dari 10.000 pengguna smartphone dianalisis selama musim belanja liburan kali ini. Di antara retailer, Amazon mendominasi, dengan jauh lebih banyak konsumen mengakses aplikasinya, mobile website-nya, atau keduanya, dibandingkan retailer lain. Amazon melalui kehadiran smartphone telah mengubah pola belanja masyarakat. 

Smartphone telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat dewasa ini, dan banyak orang yang tak bisa melepaskan diri dari ketergantungan pada smartphone bahkan hanya untuk beberapa jam saja. Dengan merujuk pada hasil survey dan data perilaku mobile masyarakat, terlihat jelas bahwa sebagian besar dari kita merasa bahwa smartphone saat ini adalah alat belanja yang penting, yang mendukung kita untuk lebih cerdas dalam berbelanja”, jelas Allan Fromen, vice president and consulting partner for IDC's global Buyer Behavior Practice. Itulah informasi mengenai kehadiran smartphone telah mengubah pola belanja masyarakat.