Facebook Umumkan Rencana Untuk Mengakuisisi Whatsapp

Ajang Berita, Telematika – Di tengah menurunnya pendapatan operator selular dari bisnis pesan singkat (messaging services), Facebook umumkan rencana untuk mengakuisisi WhatsApp.

Facebook Umumkan Rencana Untuk Mengakuisisi Whatsapp

Facebook telah mengumumkan rencana untuk mengakuisisi WhatsApp, sebuah perusahaan penyedia OTT (Over-The-Top) Messaging yang sedang bertumbuh pesat, dengan kesepakatan senilai 19 Miliar USD. Dalam Facebook umumkan rencana untuk mengakuisisi WhatsApp, juga dikabarkan bahwa mereka akan akan membayar 4 Miliar USD dalam bentuk tunai dan 12 Miliar USD dalam saham untuk akuisisi, dan mengalokasikan tambahan 3 Miliar USD pada saham terbatas untuk pendiri dan karyawan WhatsApp, segera setelah kesepakatan tersebut ditandatangani. 

facebook-umumkan-rencana-untuk-mengakuisisi-whatsapp
Facebook Umumkan Rencana Untuk Mengakuisisi Whatsapp
Dalam sebuah posting di laman blog-nya, Mark Zuckerberg, CEO Facebook, menjelaskan bahwa perusahaannya berencana untuk menggunakan WhatsApp dalam melengkapi sarana chating dan pengiriman pesan yang sudah mereka miliki. Selanjutnya. walau Facebook umumkan rencana untuk mengakuisisi WhatsApp, WhatsApp akan terus beroperasi secara independen pasca akuisisi, dan rencana investasi untuk WhatsApp dan Facebook Messenger akan dilakukan masing-masing secara terpisah. 

Menurut Zuckerberg, WhatsApp saat ini memiliki lebih dari 450 juta pengguna, dan lebih dari 1 juta pengguna baru yang mendaftar setiap hari. Peluang inilah yang membuat Facebook umumkan rencana untuk mengakuisisi WhatsApp. 

Di saat operator selular yang saat ini sedang berjuang mati-matian untuk menyelamatkan pendapatannya karena menurunnya bisnis pesan singkat, aksi korporasi Facebook untuk men-support secara finansial ini kemungkinan tidak akan mendapat sambutan yang berarti. Menurut siaran pers-nya saat Facebook umumkan rencana untuk mengakuisisi WhatsApp ini, Facebook melihat bahwa volume lalu lintas pesan di Whatsapp telah mendekati dari gabungan volume pesan seluruh operator di dunia. 

Tetapi untuk sementara waktu operator tidak melihat peluang yang bagus dari rencana Facebook ini, untuk itu diharapkan kesepakatan ini bisa mempercepat upaya mereka untuk mengejar kemitraan yang saling menguntungkan dengan penyedia OTT. Karena itu Facebook umumkan rencana untuk mengakuisisi WhatsApp.
jasa-pengiriman-ekspedisi