jasa-ekspedisi-logistik

Akhirnya XL Axiata Selesai Akuisisi Axis

Ajang Berita, Bisnis – Setelah melalui proses persetujuan yang panjang dan berliku, akhirnya XL Axiata selesai akuisisi Axis dengan nilai sebesar 865 Juta US Dollar.

Akhirnya XL Axiata Selesai Akuisisi Axis

Axiata Group mengumumkan bahwa anak perusahaannya di Indonesia, XL Axiata, telah menandatangani dokumen penutup yang menandai kesepakatan antara Axiata Group dengan induk perusahaan dari Axis, yaitu Saudi Telecom Company. Kesepakatan ini telah melalui proses persetujuan yang panjang dan berliku dari otoritas yang berwenang yang mebuahkan hasil akhirnya XL Axiata selesai akuisisi Axis.

akhirnya-xl-axiata-selesai-akuisisi-axis
Akhirnya XL Axiata Selesai Akuisisi Axis
Sebenarnya XL telah mengumumkan kesepakatan untuk mengakuisisi 95 persen saham dari Axis atau senilai 865 Juta US Dollar pada bulan September 2013 yang lalu, namun ternyata ada beberapa hal yang diselesaikan oleh Axis sebelum akhirnya XL Axiata selesai akuisisi Axis. Untuk melancarkan kesepakatan ini Axis harus mengantongi surat persetujuan dari pemegang saham dan serangkaian surat persetujuan dari otoritas yang berwenang, dan akhirnya surat persetujuan terakhir yang harus diselesaikan Axis telah keluar pekan lalu, sehingga akhirnya XL Axiata selesai akuisisi Axis.

Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi, dalam komentarnya mengenai akhirnya XL Axiata selesai akuisisi Axis, mengatakan, “Kami bersyukur akhirnya kami telah mencapai tahap akhir dari proses akuisisi dengan Axis . Dengan selesainya proses akuisisi ini , XL kini telah menjadi pemegang saham mayoritas di Axis”. Dia menambahkan tentang akhirnya XL Axiata selesai akuisisi Axis, “dengan akuisisi ini membuktikan bahwa konsolidasi di dalam sektor telekomunikasi (di Indonesia) telah menjadi kebutuhan untuk menjamin industri telekomunikasi yang sehat dan berkelanjutan”.

Untuk pendanaan akuisisi ini, saat akhirnya XL Axiata selesai akuisisi Axis, XL mendapatkan pinjaman sebesar 500 Juta US Dollar dari para pemegang saham dan juga pinjaman senilai 365 Juta US Dollar dari Bank Asing. Yang kesemuanya melancarkan hasil akhirnya XL Axiata selesai akuisisi Axis.