jasa-ekspedisi-logistik

Memantau Kondisi Ibu Hamil Dengan Solusi Telehealth

Ajang Berita, Kesehatan – Saat ini dari jarak jauh kita dapat memantau kondisi ibu hamil dengan solusi telehealth, sehingga kasus kehamilan beresiko tinggi dapat dipantau sejak dini.

Memantau Kondisi Ibu Hamil Dengan Solusi Telehealth

Sebagai jawaban atas meningkatnya angka kematian ibu hamil di Indonesia, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Kota Padang serta PT Philips Indonesia dan Grup Rumah Sakit Bunda Medik, membuat program percontohan yang dapat memantau kondisi ibu hamil dengan solusi telehealth. Program yang dinamakan Mobile Obstetrical Monitoring (MoM) ini berjangka waktu satu tahun dan telah dimulai pada Desember 2013 yang lalu.

memantau-kondisi-ibu-hamil-dengan-solusi-telehealth
Memantau Kondisi Ibu Hamil Dengan Solusi Telehealth
Menurut data, sekitar 96 persen penduduk di dunia memiliki akses kepada ponsel, sehingga dapat dikembangkan platform prototipe teleheath yang dapat diukur dan bisa diadaptasi sesuai dengan kebutuhan yang sesuai dengan wilayah masing-masing dengan memanfaatkan fitur dan aplikasi di telepon seluler untuk memantau kondisi ibu hamil dengan solusi telehealth.

Dengan aplikasi untuk memantau kondisi ibu hamil dengan solusi telehealth ini, seorang bidan bisa membuat profile kesehatan ibu hamil yang relevan melalui pengumpulan data yang didapat dari pemeriksaan fisik serta tes yang dilakukan di puskesmas setempat atau dirumah ibu hamil tersebut. Dengan memadukan panduan lokal angka resiko dalam solusi ini, spesialis kebidanan atau dokter kandungan bisa menentukan apakah sebuah kehamilan beresiko tinggi, sehingga bisa segera memberikan pertolongan yang memadai.

Sejak program ini digelar, dalam tiga bulan pertama telah diperiksa sekitar 500 ibu hamil yang 60 orang di antaranya teridentifikasi memiliki kehamilan beresiko tinggi. Data saat memantau kondisi ibu hamil dengan solusi telehealth ini diambil dari enam orang bidan dari enam puskesmas yang berbeda.

Melalui program ini diharapkan dapat menjawab permasalahan kematian ibu pada masa kehamilan. Karena angka kematian ibu yang masih tinggi adalah salah satu tantangan terbesar bagi sistem layanan kesehatan di Indonesia, dimana kurangnya akses terhadap layanan kesehatan serta tenaga medis profesional seperti dokter ahli maupun bidan menjadi faktor kunci yang berkontribusi terhadap kondisi ini. Diharapkan program ini dapat memantau kondisi ibu hamil dengan solusi telehealth.