jasa-ekspedisi-logistik

Schneider Electric Indonesia Hadirkan Produk Inovatif Dengan Teknologi Hijau Ramah Lingkungan

Ajang Berita, Teknologi - Schneider Electric Indonesia hadirkan produk inovatif dengan teknologi hijau ramah lingkungan. Schneider Electric Indonesia Menampilkan Solusi Lengkap Teknologi Bangunan di Indobuildtech Expo 2014.

Schneider Electric Indonesia Hadirkan Produk Inovatif Dengan Teknologi Hijau Ramah Lingkungan

Bertempat di Jakarta Convention Center, Schneider Electric, perusahaan global spesialis bidang pengelolaan energi hari ini menjadi bagian penting dalam penyelenggaraan pameran material dan teknologi bangunan terbesar di Indonesia: “Indonesia Building Material & Technology (Indobuildtech) Expo 2014”. Dengan mengambil tema Green Building Technology for the Future, pameran bertaraf internasional ini menampilkan beragam jenis produk inovatif yang menggunakan teknologi hijau dan ramah lingkungan, suatu hal yang telah menjadi fokus dari Schneider Electric sejak dulu.
schneider-electric-indonesia-hadirkan-produk-inovatif-dengan-teknologi-hijau-ramah-lingkungan
Schneider Electric Indonesia Hadirkan Produk Inovatif Dengan Teknologi Hijau Ramah Lingkungan
Cin Cin Go, selaku Vice President Partner Retail Business - Schneider Electric Indonesia, menyatakan, "Pengelolaan energi yang lebih efisien dan ramah lingkungan terutama di bidang konstruksi bangunan, tidak hanya berdampak positif terhadap lingkungan yang semakin sehat, tetapi juga bermanfaat besar bagi efisiensi biaya operasional baik jangka pendek maupun jangka panjang. Dengan adanya pameran ini, Schneider Electric berharap mampu menjadi mitra strategis bagi stakeholder kami dalam memberikan solusi efisiensi energi secara komprehensif.”

Salah satu solusi yang ditampilkan dalam pameran ini adalah rangkaian produk yang dapat memastikan keamanan penggunaan energi, khususnya listrik, pada sebuah bangunan, baik itu gedung perkantoran, rumah tinggal, dan lainnya. Solusi ini menjadi penting karena selain fungsinya yang sangat penting untuk berbagai kebutuhan manusia, listrik juga dapat menjadi sesuatu yang sangat berbahaya bila tidak digunakan dan dikendalikan dengan baik.

Insiden kecelakaan dalam pengkonsumsian listrik, seperti kelebihan beban, hubungan arus pendek dan arus bocor merupakan hasil dari buruknya pengendalian listrik yang kemudian dapat berujung pada musibah kebakaran dan kematian karena sengatan arus listrik. Selain itu, faktor cuaca seperti sambaran petir juga tidak dapat dianggap remeh. Muatan listrik di petir tersebut tidak dapat dihilangkan hanya menggunakan penangkal petir konvensional.

Untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan tersebut, di pameran ini Schneider Electric menghadirkan tiga solusi handal yang wajib dimiliki untuk memproteksi bangunan, yaitu: 

  • Mini Circuit Breaker (MCB): melindungi jaringan listrik dari bahaya hubungan arus pendek dan beban lebih (overload). Teknologi rancangan MCB dari Schneider Electric menghasilkan produk dengan ketahanan yang lebih tinggi. Untuk melengkapi performa hebat dari produk MCB, tersedia juga MCB Box untuk melindungi dan mempercantik instalasi komponen listrik tersebut
  • Earth Leakage Circuit Breaker (ELCB): melindungi aset dari kebakaran dan melindungi manusia dari bahaya sengatan listrik. ELCB akan mendeteksi perbedaan arus tersebut dan secara cepat akan memutuskan rangkaian listrik tersebut sehingga tidak menyebabkan kecelakaan fatal
  • Surge Arrester: melindungi peralatan elektronik yang terhubung dengan jaringan listrik rumah dari sambaran petir. SPD/Surge arrester secara sederhana berfungsi untuk memutuskan tegangan kejut/surge yang disebabkan oleh sambaran petir sehingga tidak akan merusak alat-alat yang terhubung dengan jaringan listrik

Dengan memiliki tiga produk proteksi ini dalam bangunan, maka kondisi fisik bangunan, penghuni dan juga alat-alat elektronik yang ada di dalam sebuah bangunan akan terlindungi dari bahaya listrik dengan baik.

Satu aspek lain yang tak kalah penting pada bangunan selain keamanan adalah aspek keindahan atau estetika. Untuk itu, di pameran ini Schneider Electric meluncurkan Arcato, rangkaian produk sakelar dan stop kontak terbaru yang mengandalkan kualitas dan keindahan desain. Terinspirasi dari bentuk lengkungan (Arcato adalah lengkungan dalam bahasa Italia), rangkaian produk Arcato hadir melengkapi portfolio sakelar dan stop kontak dari Schneider Electric yang selalu mengedepankan kualitas dan keindahan desain.

Yuni Jie, seorang perancang interior ternama Indonesia mengemukakan, “Unsur pencahayaan merupakan salah satu pertimbangan yang paling penting saat membangun dan mendesain suatu ruangan untuk memastikan kenyamanan penghuninya. Biasanya kita akan sangat memperhatikan jumlah dan posisi titik lampu untuk mendapatkan suasana yang ideal. Namun sayangnya, hal-hal komplementer dari pemasangan lampu ini seringkali tidak diprioritaskan, seperti pemilihan sakelar dan stop kontak yang tepat.”

“Sebenarnya, fungsi dari sakelar dan stop kontak di rumah tidak terbatas pada fungsi elektriknya saja. Pemilihan desain sakelar dan stop kontak yang tepat dapat meningkatkan mood dan suasana ruangan secara signifikan, layaknya memilih unsur interior sebuah ruangan seperti karpet, lantai dan wall paper misalnya. Beberapa faktor yang bisa dijadikan pertimbangan adalah apakah desain sakelar dan stop kontak tersebut menyatu dengan desain ruangan, dan seberapa besar desain sakelar dan stop kontak tersebut memberikan visual impact yang positif terhadap ruangan,” lanjutnya.

Perkembangan desain sakelar dan stop kontak berkembang pesat layaknya fashion. Dengan semakin dinamisnya desain bangunan dan ruangan, sekarang semakin banyak pula pilihan desain sakelar dan stop kontak yang mengikuti perkembangan desain tersebut.

Yuni berpendapat, “Arcato memiliki desain yang elegan dan minimalis sehingga mampu melengkapi estetika interior ruangan yang memiliki konsep desain minimalis modern – baik untuk bangunan residensial, perkantoran maupun perhotelan sekalipun.”

Dengan karakteristik “Curved and Confident”, Arcato tampil dengan permukaan finishing doff yang modern serta dolly finishing gloss yang mudah dibersihkan. Paduan kedua finishing ini dirancang untuk kenyamanan bagi pengguna dan daya tahan lebih lama, Yang menarik, kemewahan desain Arcato hadir dengan harga yang sangat ekonomis, sehingga mampu memberikan sebuah affordable luxury kepada konsumen.

"Menanggapi semakin pesatnya perkembangan Indonesia sebagai pasar pengembangan teknologi konstruksi bangunan dan material buildings, Schneider Electric Indonesia percaya bahwa seluruh pihak tanpa terkecuali bertanggung jawab dalam memastikan energi dikelola sebaik dan seaman mungkin. Kami percaya apa yang kami hadirkan dalam pameran ini mampu memenuhi tanggung jawab tersebut," tutup Cin Cin Go.

Schneider Electric Indonesia hadirkan produk inovatif dengan teknologi hijau ramah lingkungan.