jasa-ekspedisi-logistik

Grup Lippo Tunjuk Rudy Ramawy Sebagai Vice Chairman MatahariMall.com

Ajang Berita, Bisnis - Untuk memberikan nilai tambah bagi ekosistem eCommerce di Indonesia, Grup Lippo tunjuk Rudy Ramawy sebagai Vice Chairman MatahariMall.com. Sosok dengan pengalaman multi-bisnis memperkuat eCommerce nomor 1 di Indonesia.

Grup Lippo Tunjuk Rudy Ramawy Sebagai Vice Chairman MatahariMall.com

Menyusul penunjukan Hadi Wenas sebagai CEO MatahariMall.com (MatahariMall) pada April 2015, hari ini Grup Lippo (Lippo) mengambil langkah manajemen dengan menunjuk Rudy Ramawy, yang sebelumnya merupakan Country Director Google Indonesia, sebagai Vice Chairman MatahariMall.
grup-lippo-tunjuk-rudy-ramawy-sebagai-vice-chairman-mataharimallcom
Grup Lippo Tunjuk Rudy Ramawy Sebagai Vice Chairman MatahariMall.com
Rudy Ramawy menjabat sebagai Country Director Google Indonesia dari Januari 2012 hingga Maret 2015. Ia memulai dan memimpin kegiatan operasional Google di Indonesia, membangun pertumbuhan yang pesat, termasuk meluncurkan YouTube Indonesia dan Street View. Sebelum bergabung dengan Google, Rudy merupakan Director of Programming and Production RCTI, stasiun televisi terdepan di Indonesia, sejak tahun 2008 dengan karier awal sebagai Director of Sales and Marketing.

Dengan gelar Sarjana Teknik Kimia dari University of California, Berkeley, dan 20 tahun pengalaman di bidang manajemen strategi dan umum, pemasaran dan penjualan, Rudy telah menjabat posisi kepemimpinan di berbagai industri. Ia memulai kariernya di Procter & Gamble, kemudian berpindah ke industri content/entertainment dengan Sony Music Entertainment Indonesia pada 1997, Managing Director Warner Music Malaysia pada 1999, dan kemudian Presiden Direktur Sony Music Entertainment Indonesia dan Regional Marketing Director Asia Tenggara. Pada tahun 2005, Rudy pindah ke Axis, sebuah operator telepon selular, tempat ia menjabat sebagai Director and Chief Marketing Officer hingga tahun 2008.

“Di berbagai negara, eCommerce telah terbukti berkembang sebagai penyetara ekonomi yang paling efektif, yang memberikan kesempatan yang sama bagi perusahaan kecil, menengah, dan besar untuk turut berpartisipasi. Dengan harapan penetrasi internet akan melampaui 30% tahun ini, Indonesia membutuhkan pasar online yang mampu mengakomodasi aktivitas belanja online lintas daerah. Melihat jejak Grup Lippo sebagai perusahaan ritel multi-format terbesar di Indonesia, MatahariMall percaya diri untuk memberikan nilai tambah bagi ekosistem eCommerce di Indonesia,” ungkap Rudy Ramawy.

Pengalaman dan rekam jejak Rudy dari berbagai bidang industri merupakan bekal yang sangat berharga untuk ia menjabat sebagai Vice Chairman di MatahariMall.com. Ia akan membantu Emirsyah Satar, yang pernah menjabat sebagai CEO Garuda Indonesia dan akan segera ditunjuk sebagai Chairman MatahariMall dan Dewan Redaksi Lippo.

“Saya merasa sangat terhormat dapat bekerja sama dengan tim yang luar biasa, yang beranggotakan Emirsyah Satar dan Hadi Wenas. Saya percaya dengan tim yang kami miliki, MatahariMall dapat menjadi perusahaan eCommerce terbesar di Indonesia,” kata Rudy Ramawy.

Penunjukan Vice Chairman ini didukung oleh John Riady, Direktur Grup Lippo. “MatahariMall berkomitmen untuk menjadi eCommerce terbesar di Indonesia dan juga di Asia Tenggara. Kepemimpinan Rudy Ramawy telah teruji, berbekal pengalaman yang luas dan luar biasa, akan berkontribusi terhadap kesuksesan MatahariMall.”

Penunjukan Rudy Ramawy dipandang sebagai langkah penting yang diambil oleh Grup Lippo untuk merealisasikan visi MatahariMall. Sebelumnya, pada Maret 2015, Lippo mengumumkan penanaman modal sebesar US$500 juta untuk membangun perusahaan eCommerce dengan transaksi penjualan sebesar US$1 miliar – yang terbesar di Indonesia – dan akan menjadi Alibaba versi Indonesia.

Lippo masuk ke ranah eCommerce di waktu yang tepat. Ekosistem digital Indonesia sedang berada pada titik critical inflection. Tahun ini, penetrasi internet akan melampaui 30%. Jumlah penjualan ritel online hanya sebesar 0,7% dari total penjualan ritel, namun diproyeksikan akan tumbuh sepuluh kali lipat dalam lima tahun mendatang. Ritel online sedang tumbuh pesat di luar Jakarta, dan di sanalah Lippo memiliki posisi terkuat.

Selain menyajikan ragam pilihan produk terbesar, MatahariMall juga ditunjuk sebagai satu-satunya (eksklusif) situs belanja yang akan menjual produk dari sejumlah merek terpopuler di Indonesia. MatahariMall juga merupakan perusahaan eCommerce O2O (Online-to-Offline) terbesar di Asia Tenggara, yang memungkinkan para pelanggan untuk membayar, mengambil, dan mengembalikan produk di 131 cabang Matahari Department Store yang tersebar di seluruh Indonesia. MatahariMall.com adalah situs online marketplace terbesar di Indonesia yang mengusung konsep O2O pertama di Asia Tenggara.

MatahariMall.com didukung oleh perusahaan ritel multi-format terbesar di Indonesia, yaitu Grup Lippo, yang juga mengelola Matahari Department Store dan Hypermart.

Grup Lippo tunjuk Rudy Ramawy sebagai Vice Chairman MatahariMall.com.