jasa-ekspedisi-logistik

Bubur Sekoi, Hidangan Buka Puasa Kaya Nutrisi Khas Bengkulu

Ajang Berita - Bubur sekoi, hidangan buka puasa kaya nutrisi khas Bengkulu, hidangan unik yang hanya dijajakan saat Bulan Ramadhan sering tersaji di kaki lima atau pasar tradisional yang menjual makanan untuk berbuka puasa.

Bubur jewawut, hidangan buka puasa kaya gizi khas Bengkulu yang hanya dijajakan saat bulan suci Ramadhan ini dalam bahasa lokal disebut Sekoi.

Bubur Sekoi, Hidangan Buka Puasa Kaya Nutrisi Khas Bengkulu

Sekoi atau bubur yang dibuat dari biji jewawut diyakini mengandung berbagai ragam gizi, sehingga cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa.

Bubur sekoi umumnya hanya dijual saat Bulan Ramadhan karena bubur ini kaya akan vitamin dan sangat baik sebagai menu berbuka puasa.
bubur-sekoi-hidangan-buka-puasa-kaya-nutrisi-khas-bengkulu
Bubur Sekoi, Hidangan Buka Puasa Kaya Nutrisi Khas Bengkulu
Bubur yang terbuat dari biji jewawut ini cukup diminati oleh masyarakat Kota Bengkulu karena citarasa yang unik serta lezat.

Para pedagang kaki lima yang berdagang bubur sekoi rata-rata dapat menjual tak kurang dari 300 porsi bubur jewawut setiap harinya.

Menurut beberapa kajian yang dapat dibaca dalam berbagai literatur, jewawut mempunyai kandungan gizi, vitamin, dan nutrisi yang sangat baik bila dibandingkan dengan jagung dan beras.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam jewawut antara lain karbohidrat 84,2 persen, protein 10,7 persen, lemak 3,3 persen, serat 1,4 persen, Ca 37 mg, Fe 6,2 mg, vitamin C 2,5, vitamin B1 0,48, serta vitamin B2 0,14.

Namun, walaupun kaya akan nutrisi, hidangan berbahan baku lokal tersebut kini mulai tersingkir dari jajaran kuliner lokal.

Melalui momen Ramadhan ini, hidangan dan sajian yang sebenarnya menjadi bagian dari budaya kuliner masyarakat Bengkulu dapat kembali diperkenalkan dan didorong untuk menjadi sajian kuliner kebanggaan warga Bengkulu.

Sebenarnya cita rasa dan kandungan nutrisinya tak kalah bersaing, namun kenyataannya semakin tersisih, sehingga diperlukan upaya-upaya untuk mendorongnya kembali.

Padahal menu bergizi untuk berbuka puasa ini sudah ditawarkan dengan harga yang cukup murah dan terjangkau, yaitu hanya sekitar Rp7.000 per porsi.

Banyak warga yang menggemari bubur sekoi karena memberikan sensasi rasa yang manis dan enak dari gula aren, sehingga masyarakat membeli sajian khas bergizi dari bahan jewawut ini sebagai hidangan berbuka puasa.

Bubur Sekoi, Hidangan Buka Puasa Kaya Nutrisi Khas Bengkulu