Prospek Pasar Daging Halal Sesuai Syariah di Rusia

Ajang Berita - Seiring kesadaran umat muslim di Rusia dalam menjalankan kehidupan sesuai syariah, prospek pasar daging halal sesuai syariah di rusia mulai memperlihatkan masa depan yang cerah.

Bagi masyarakat lokal, produk daging halal dianggap lebih berkualitas dan lebih aman.

Prospek Pasar Daging Halal Sesuai Syariah di Rusia

Pangsa produk halal dalam total penjualan daging di Rusia terhitung masih rendah - dari 1,5% menjadi kurang dari 3%, tergantung kategorinya.
prospek-pasar-daging-halal-sesuai-syariah-di-rusia
Prospek Pasar Daging Halal Sesuai Syariah di Rusia
Namun, kini semakin banyak konsumen memilih produk daging halal, tidak hanya karena alasan agama, tetapi juga karena mereka menganggap produk tersebut lebih berkualitas dan lebih aman. Artikel ini akan menceritakan tentang masa kini dan masa depan terkait pasar bahan makanan halal ini.

Kecenderungan konsumen untuk makan makanan sehat semakin mempengaruhi perkembangan pasar makanan. Oleh karena itu, pembeli sangat tertarik pada produk alami dan ramah lingkungan tanpa aditif dan kotoran berbahaya.

Dengan alasan ini, produk halal melampaui pengakuan dan semakin banyak dipilih oleh orang-orang yang tidak terkait dengan Islam.
Label halal pada kemasan menjadi penanda mutu bagi mereka yang mengetahui persyaratan apa yang harus dipenuhi oleh produsen untuk menerimanya.
Dengan adanya kontrol teknologi tambahan oleh perusahaan dan tren menuju makan sehat, produk bersertifikat menginspirasi lebih banyak kepercayaan di antara konsumen. Ini berarti bahwa makanan halal memiliki prospek untuk menjadi bagian penuh dari tren gaya hidup sehat.

Sebenarnya, bagaimana data statistik dan angka-angka yang menunjukkan tentang perkembangan segmen ini di Rusia?

Potensi Segmen Dibatasi oleh Daya Beli yang Rendah

Menurut Sergey Yushin. Ketua Asosiasi Daging Nasional, prospek produk daging halal di pasaran sudah jelas.

Bila kembali melihat sekitar 15 tahun yang lalu, kita tidak akan menemukan produk halal yang diproduksi di dalam negeri pada rak-rak toko dan supermarket, tetapi sekarang semakin banyak perusahaan mendapatkan popularitas baik di Rusia maupun di luar negeri karena arah ini.

Perkembangan sektor ini dirangsang oleh permintaan efektif yang semakin meningkat, serta fakta bahwa dunia menjadi semakin banyak penduduk Muslim dan mereka yang secara ketat mengikuti tradisi Islam. Namun, beberapa orang membeli produk Halal hanya karena mereka menganggapnya lebih berkualitas dan lebih aman.

Perusahaan yang telah memutuskan untuk menguasai segmen halal berinvestasi pada peralatan teknis, penyembelihan dan pemotongan khusus. Mereka juga perlu disertifikasi, untuk memastikan bahwa semua proses produksi di perusahaan sesuai dengan standar Halal.

Meskipun skandal secara berkala terjadi di pasar ini, dimana ada kasus beberapa pusat sertifikasi mengambil banyak uang untuk audit dan akreditasi, tetapi mereka tidak melakukan pekerjaan mereka.

Bagi sebagian orang, ini hanya bisnis, dan terkadang perusahaan menerima sertifikat dengan tidak semestinya. Oleh karena itu, ketika memilih produk dari produsen tertentu, disarankan untuk memperhatikan apakah perusahaan tersebut mengekspor daging halalnya, misalnya ke negara-negara Timur Tengah. Lagi pula, ada peraturan ketat, dan hanya pemasok yang benar-benar bekerja sesuai dengan semua standar yang dapat memasuki pasar ini.

Di Rusia, sebenarnya potensi produksi produk daging halal dibatasi oleh daya beli. Penduduk Kaukasus, di mana produk-produk ini seharusnya diminati, tidak memiliki tingkat pendapatan yang tinggi, dan mark-up untuk daging halal masih berkisar antara 15 hingga 40%.

Kendala Produksi

Daging adalah kategori terbesar dan terpopuler di pasar halal, tetapi juga yang paling sulit diproduksi. Di Rusia, sejak 2002, Pusat Standarisasi dan Sertifikasi Internasional Halal, yang dibuat di bawah Dewan Mufti Rusia, telah mengeluarkan sertifikat. Selain itu, banyak organisasi sertifikasi lain beroperasi di Rusia, meskipun pertanyaan tentang kualitasnya tetap terbuka.

Sertifikasi adalah layanan berbayar dan dihitung secara individual tergantung pada jenis produksi. Untuk menempatkan tanda yang sesuai pada kemasan, produksi, personel, peralatan dan gudang harus sesuai dengan persyaratan Syariah.
Bagian dari persyaratan ini adalah bahwa produk makanan halal tidak boleh bersentuhan dengan yang haram (babi, daging hewan yang disembelih tidak sesuai dengan tradisi Islam, daging pemangsa).
Oleh karena itu, prosedur untuk mengatur proses produksi, pemeliharaan tempat, peralatan, hingga proses pengemasan harus diatur dengan baik dan sangat teliti.

Di perusahaan di mana produk halal hanya bagian dari produksi, perlu untuk mengecualikan kontak dengan produk non-halal: kebersihan mutlak alat transportasi, peralatan, overall, gudang dan segala sesuatu yang bersentuhan dengan bahan baku dan produk non-halal diperlukan.

Persyaratan lain mengatur penyembelihan hewan, yang paling sulit. Penyembelihan ternak dan unggas tidak dapat dilakukan secara mekanis - penyembelihan harus dilakukan oleh seorang Muslim, mengucapkan lafadz, kalimat, dan niat tertentu.

Kemanusiaan juga terletak pada kenyataan bahwa hewan tidak punya waktu untuk takut: menyebabkan kerusakan apa pun dilarang, dan leher harus dipotong sekali, tanpa penundaan.

Selain itu, hewan tersebut tidak boleh melihat proses penyembelihan hewan sebelumnya, sehingga perusahaan membeli kotak khusus halal. Walaupun dengan begitu banyak persyaratan untuk sertifikasi, prospek pasar daging halal sesuai syariah di Rusia justru memiliki masa depan yang baik.