Telah Hadir Kemitraan Strategis untuk Perkuat Layanan Transportasi Terpadu Berbasis Teknologi Bagi Warga Jabodetabek

Ajang Berita - Telah hadir kemitraan strategis untuk perkuat layanan transportasi terpadu berbasis teknologi bagi warga Jabodetabek. Grab jadi transportasi online pertama di aplikasi Jaklingko, mudahkan warga & komuter Jakarta bepergian.

Telah Hadir Kemitraan Strategis untuk Perkuat Layanan Transportasi Terpadu Berbasis Teknologi Bagi Warga Jabodetabek

PT Grab Teknologi Indonesia, PT. Jatelindo Perkasa Abadi Indonesia, dan PT. Aino Indonesia, bersama dengan PT JakLingko Indonesia (JakLingko), resmi menjalin kemitraan strategis untuk memperkuat layanan transportasi terpadu berbasis teknologi yang dihadirkan bagi warga dan komuter Jabodetabek.
telah-hadir-kemitraan-strategis-untuk-perkuat-layanan-transportasi-terpadu-berbasis-teknologi-bagi-warga-jabodetabek
Telah hadir kemitraan strategis untuk perkuat layanan transportasi terpadu berbasis teknologi bagi warga Jabodetabek
Kemitraan strategis tersebut tertuang dalam perjanjian kerja sama (PKS) yang ditandatangani oleh Country Managing Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi, Direktur PT. Jatelindo Perkasa Abadi Indonesia Muhammad Lutfi Bakrie, dan Direktur Utama PT. Aino Indonesia Hastono Bayu Trisnanto pada Rabu, 29 Desember 2021.

Kemitraan strategis antara keempat belah pihak tersebut akan menyatukan kekuatan perusahaan teknologi, konsorsium perusahaan-perusahaan swasta, dan pemerintah dalam mewujudkan sistem transportasi pintar, atau Intelligent Transportation System, untuk meningkatkan kecepatan, kemudahan, keamanan, dan keandalan transportasi umum.

Gairah Baru Sistem Transportasi Jabodetabek

Direktur Utama PT. JakLingko Indonesia Muhamad Kamaluddin mengatakan bahwa kemitraan bersama perusahaan teknologi seperti Grab akan semakin memperkuat layanan yang disediakan bagi warga dan komuter Jabodetabek.

“Peluncuran kemitraan ini terjadi di momen yang tepat, yaitu semakin membaiknya pandemi COVID-19 yang telah mendorong peningkatan aktivitas masyarakat di luar rumah.
Hal tersebut tentunya mendongkrak kebutuhan untuk layanan transportasi yang mumpuni.
Hadirnya sistem transportasi yang saling terhubung dengan efisien akan memfasilitasi ramainya kegiatan ekonomi yang menjadi kunci bagi percepatan pemulihan Indonesia.

Kolaborasi antar JakLingko dan Grab ini membawa gairah baru bagi sistem transportasi di Jabodetabek”.

Fitur dan Layanan yang Terintegrasi

Country Managing Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi menambahkan, “Melalui kemitraan strategis ini, Grab dipercaya menjadi aplikasi transportasi dan pengiriman online pertama yang terintegrasi ke JakLingko.

Dengan semangat #BikinLebihMudah, Grab berkomitmen untuk menjadi mitra andal bagi JakLingko dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan membuka akses ekosistem teknologi Grab bagi pengguna aplikasi JakLingko, sehingga kami bisa mencapai tujuan bersama, yaitu menghadirkan sistem transportasi yang mumpuni di Jabodetabek.”

Lima fitur dan layanan Grab yang akan terintegrasi ke aplikasi JakLingko mencakup transportasi, yang kini sudah berjalan, serta kesehatan, asuransi, voucher & rewards, dan pemasaran digital yang akan diperkenalkan secara bertahap ke depannya:

Transportasi

Pengguna aplikasi JakLingko dapat memesan GrabBike dan GrabCar sebagai moda transportasi first mile dan last mile ketika berangkat dan balik dari stasiun-stasiun yang terhubung ke JakLingko, termasuk MRTJ, TransJakarta, LRT (Jakpro), KCI, dan Railink. Pengguna juga dapat mengakses informasi rute, tarif perjalanan, dan profil pengendara Grab melalui aplikasi JakLingko,

Kesehatan

Pengguna aplikasi JakLingko dapat mengakses layanan medis GrabHealth yang terdiri dari telekonsultasi 24 jam bersama Good Doctor Technology Indonesia. Dengan demikian, pengguna bisa mendapatkan bantuan medis pertama secara mudah dan cepat, serta dimanapun dan kapanpun, bahkan saat sedang dalam perjalanan,

Asuransi

Pengguna aplikasi JakLingko dapat membeli perlindungan asuransi dengan mudah melalui layanan GrabInsure yang menghadirkan berbagai paket dari penyedia asuransi,

Voucher dan Rewards

Pengguna aplikasi JakLingko bisa mendapatkan penawaran menarik untuk voucher GrabGifts serta paket berlangganan GrabCar dan GrabBike melalui layanan GrabRewards, serta menggunakan OVO sebagai metode pembayaran,

Pemasaran Digital

Brand dan pengusaha UMKM yang tergabung di platform Grab dapat membeli GrabAds agar iklan digital mereka terpampang di aplikasi JakLingko.

Sistem Transportasi Yang Lebih Inklusif

Direktur PT. Jatelindo Perkasa Abadi Indonesia Muhammad Lutfi Bakrie mengatakan bahwa hadirnya solusi pembayaran akan semakin memperkuat layanan yang ditawarkan ke masyarakat.

“Masyarakat sudah semakin bergeser ke metode pembayaran cashless yang ringkas dan kehadiran solusi pembayaran berbasis digital di JakLingko akan mendukung peralihan itu.

Mengingat bahwa populasi Jabodetabek cukup besar, hal ini dapat berkontribusi signifikan bagi pencapaian rencana jangka panjang pemerintah Indonesia untuk menciptakan cashless society.”

Direktur Utama PT. Aino Indonesia Hastono Bayu Trisnanto menambahkan bahwa “InsyaAllah, adanya fitur First Mile - Last Mile dengan layanan GRAB ini akan lebih memudahkan masyarakat dalam melakukan perjalanan secara seamless dari asal hingga ke tujuan akhir, dengan berbagai moda yang terintegrasi serta memberi pengalaman baru untuk melakukan single journey search, booking, and pay dalam satu aplikasi Jaklingko.”

Keempat belah pihak pun berencana untuk meluncurkan fase ketiga di kuartal ketiga pada 2022, di mana fokus akan diberikan untuk menyediakan berbagai kemudahan untuk pengguna lanjut usia dan disabilitas sebagai usaha untuk menjalankan sistem transportasi yang lebih inklusif.

Kemitraan Strategis Empat Belah Pihak

Grab adalah aplikasi super terkemuka di Asia Tenggara, yang menyediakan layanan harian yang berarti bagi pelanggan.

Saat ini, Grab telah diunduh di jutaan perangkat seluler, menyediakan akses ke 9 juta mitra pengemudi, mitra pedagang, dan agen.

Grab menawarkan berbagai layanan sesuai permintaan di Asia Tenggara, termasuk solusi mobilitas, pengiriman makanan, paket dan bahan makanan, pembayaran seluler, dan layanan keuangan di 428 kota di delapan negara.

Sedangkan, PT Jatelindo Perkasa Abadi Indonesia merupakan anak usaha Jatelindo dan Credo Group dibentuk sebagai company dari konsorsium JATEL (Jatelindo, Aino, Thales dan Lyko) yang melakukan investasi dan menangani Proyek EIPTJ PT Jak Lingko Indonesia, yaitu integrasi sistem tiket dan pembayaran transportasi.

Selanjutnya, PT Aino Indonesia merupakan unit bisnis dibawah Universitas Gadjah Mada (UGM) dan memiliki izin Payment Gateway dari Bank Indonesia untuk menyelenggarakan solusi pembayaran non tunai sektor transportasi seperti pembayaran tiket transportasi, jalan tol, parkir, hingga destinasi wisata.

Berawal dari riset perusahaan yang bekerjasama dengan civitas akademika UGM dalam pengembangan sistem tiket transportasi berbasis teknologi nirsentuh serta mendukung pembayaran tiket non tunai yang telah diterapkan pada 6 (enam) kota di Indonesia sejak tahun 2006, serta saat ini sedang melakukan kerjasama strategis untuk diimplementasikan pada salah satu ibukota negara tetangga, pengembangan mobility data insight dan loyalty coalition untuk customer engagement.

Dan, PT JakLingko Indonesia merupakan perusahaan patungan antara PT Transportasi Jakarta (TransJakarta), PT MRT Jakarta (Perseroda), PT Jakarta Propertindo (Perseroda) dan PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek yang bertugas melakukan sistem integrasi pembayaran antarmoda transportasi di Jabodetabek meliputi sistem pembayaran, tarif, dan rute.

Adapun, empat moda transportasi umum yang terhubung dengan sistem JakLingko diantaranya Transjakarta, MRT, LRT, dan Commuterline.

PT JakLingko Indonesia berhasil menuntaskan target Fase pertama (dari 3 fase) pada 17 Agustus 2021 dan secara resmi dicanangkan pada 29 September 2021 lalu oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dengan produk Kartu Transportasi dan Aplikasi JakLingko SuperApp.

Dengan adanya keempat belah pihak tersebut kini telah hadir kemitraan strategis untuk perkuat layanan transportasi terpadu berbasis teknologi bagi warga Jabodetabek.
jasa-pengiriman-ekspedisi