jasa-ekspedisi-logistik

Benarkah Salah Satu Sebab Mimpi Buruk Karena Makan Pedas Sebelum Tidur

Ajang Berita, Kesehatan – Banyak Penyebab Tidur Yang Kurang Nyenyak, Namun Benarkah Salah Satu Sebab Mimpi Buruk Karena Makan Pedas Sebelum Tidur, Karena Menurut Penelitian Ternyata Makanan Pedas Bisa Membawa Mimpi Buruk.

Benarkah Salah Satu Sebab Mimpi Buruk Karena Makan Pedas Sebelum Tidur

Ketika Kita Ingin Berbaring Di Peraduan Saat Mau Tidur, Seringkali Rasa Lapar Datang Dan Membuat Kita Berpikir Untuk Makan Lagi. Selanjutnya Kita Mulai Mencari-Cari Makanan Apa Yang Sebaiknya Kita Makan Untuk Mengantisipasi Rasa Lapar Yang Menyerang Perut Kita.

Salah Satu Alternatifnya Adalah Minum Susu Sebelum Tidur Yang Sering Kali Menjadi Pilihan Karena Menurut Informasi Dapat Membuat Tidur Kita Lebih Nyenyak. Sebenarnya Ini Bukanlah Sebuah Mitos Belaka Karena Jenis Hidangan Tertentu Ternyata Sungguh Bisa Mempengaruhi Kualitas Tidur Kita.
benarkah-salah-satu-sebab-mimpi-buruk-karena-makan-pedas-sebelum-tidur
Benarkah Salah Satu Sebab Mimpi Buruk Karena Makan Pedas Sebelum Tidur

Ragam Hidangan Lain Yang Mungkin Mempengaruhi Kualitas Tidur Kita Adalah Hidangan Dengan Rasa Yang Pedas. Masakan Pedas Memiliki Efek Yang Terbalik Bila Dibandingkan Dengan Susu, Mengkonsumsi Hidangan Dengan Rasa Pedas Sebelum Tidur Ternyata Malah Dapat Membuat Kita Sulit Tidur Atau Bahkan Mengalami Mimpi Buruk.

Banyak Yang Bertanya Kenapa Makanan Bisa Mempengaruhi Kualitas Tidur Seseorang. Saat Memejamkan Mata, Biasanya Kita Belum Langsung Tertidur Nyenyak. Setidaknya Ada Beberapa Tahapan Tidur Yang Biasanya Kita Lalui Hingga Selanjutnya Kita Tertidur Nyenyak.

Tahap Pertama Tidur Biasanya Orang Menyebut Dengan Dengan Tidur Ayam. Kita Biasanya Masih Dalam Keadaan Setengah Sadar Dan Masih Mendengar Sayup-Sayup Suara Di Sekitar Kita. Kemdian Kita Masuk Ke Tahap Yang Lebih Dalam, Namun Belum Terlalu Pulas. Pada Tahap Ini Aktivitas Otak Mulai Melambat. Selanjutnya Barulah Pada Tahap Ketiga Kita Masuk Tahap Tertidur Nyenyak Hingga Pulas.

Tahapan Tidur Sebenarnya Tidak Berhenti Hanya Sampai Tahap Ketiga. Sebenarnya Ada Tahap Keempat Yang Disebut Sebagai REM (Rapid Eye Movement), Tahap Dimana Kita Biasanya Mulai Bermimpi. Hal Ini Disebabkan Karena Pada Tahap REM, Otak Yang Semula Melambat Berubah Menjadi Aktif Kembali. Tetapi, Otot-Otot Dalam Keadaan Tetap Melemas Dan Beristirahat.

Pada Tahap REM Inilah Ternyata Otak Justru Bereaksi Terhadap Makanan Yang Dimakan Sebelum Kita Tidur, Dimana Tahap Ini Terjadi Sekitar 90 Menit Setelah Tahapan Tidur Ayam Tadi. Pada Tahap Ini Juga Makanan Yang Tadi Kita Konsumsi Mulai Dicerna Dan Diserap Oleh Tubuh. Sehingga, Bermacam Zat Dan Kandungan Dalam Makanan Juga Mulai Bereaksi Dalam Tubuh.

Pertanyaannya, Apakah Makanan Pedas Bisa Membawa Mimpi Buruk?. Berdasarkan Hasil Penelitian Dr. Charles Bae, Seorang Dokter Ahli Gangguan Tidur Dari Cleveland Clinic Di Amerika Serikat, Mengkonsumsi Hidangan Dengan Rasa Pedas Sebelum Tidur Dapat Memicu Proses Metabolisme Serta Meningkatkan Temperatur Tubuh. Proses Metabolisme Dan Bertambahnya Suhu Bisa Membuat Aktivitas Otak Meningkat, Sementara Otot Dan Tubuh Kita Sedang Dalam Keadaan Beristirahat.

Otak Selanjutnya Akan Menerima Sinyal Dari Sistem Pencernaan Bahwa Tubuh Kita Harus Bekerja Lebih Keras Lagi Untuk Menurunkan Suhu Tubuh Dan Menetralkan Rasa Pedas Yang Ada Di Lambung. Sinyal Tersebut Dipahami Oleh Otak Sebagai Ancaman Dan Gangguan, Yang Kemudian Diterjemahkan Oleh Kesadaran Diri Kita Sebagai Mimpi Buruk.

Lalu Apakah Boleh Mengkonsumsi Hidangan Pedas Sebelum Tidur?. Apabila Kita Sudah Punya Gangguan Pencernaan Atau Tidak Biasa Makan Pedas, Ada Baiknya Tidak Memakan Hidangan Pedas Sebelum Tidur. Menurut Ahli Psikologi Klinis Dari University Of Chicago Hospital, Lisa Medalie, Dianjurkan Untuk Menghindari Mengkonsumsi Hidangan Pedas Paling Tidak Dua Hingga Tiga Jam Sebelum Tidur.

Sementara Bila Kita Mengkonsumsi Hidangan Pedas, Sebaiknya Tunggu Selama Sekitar Tiga Jam Sebelum Mulai Tidur. Hal Ini Agar Memberi Kesempatan Bagi Sistem Pencernaan Untuk Menetralkan Rasa Pedas Dan Menormalkan Suhu Tubuh Kita. Informasi-Informasi Ini Harus Dipahami Bila Ada Yang Bertanya Benarkah Salah Satu Sebab Mimpi Buruk Karena Makan Pedas Sebelum Tidur.