Paduan Model Unik dan Kerjasama Strategis Berikan Peluang Layani Pertumbuhan Permintaan Segmen Ritel

Ajang Berita - Paduan model unik dan kerjasama strategis berikan peluang layani pertumbuhan permintaan segmen ritel. Bukalapak memperluas perluas layanan Online-to-Offline (O2O) dengan platform daring belanja kebutuhan sehari-hari, AlloFresh.

Paduan Model Unik dan Kerjasama Strategis Berikan Peluang Layani Pertumbuhan Permintaan Segmen Ritel

Bukalapak ("IDX:BUKA") berkolaborasi dengan Trans Retail Indonesia dan Growtheum Capital Partners memperkenalkan AlloFresh, sebuah platform daring belanja kebutuhan sehari-hari yang menawarkan lebih dari 150.000 stock-keeping units (SKUs) di 144 kategori.
paduan-model-unik-dan-kerjasama-strategis-berikan-peluang-layani-pertumbuhan-permintaan-segmen-ritel
Paduan model unik dan kerjasama strategis berikan peluang layani pertumbuhan permintaan segmen ritel
AlloFresh menawarkan pilihan pengiriman cepat dalam waktu 3 jam serta layanan quick commerce ke seluruh Indonesia.

President Director & CEO PT Trans Retail Indonesia Bouzeneth Benaouda dan President PT. Bukalapak.com Tbk Teddy Oetomo bersama dengan VP Product Marketplace & O2O Bukalapak Fanny Limassa, dalam Konferensi Pers Peluncuran AlloFresh, sebuah platform belanja kebutuhan sehari-hari secara daring (2/03).

Pengembangan Titik Kontak Dalam Ekosistem Ritel

Willix Halim, CEO Bukalapak mengatakan, "Kehadiran AlloFresh mengukuhkan posisi Bukalapak sebagai perusahaan teknologi all-commerce terdepan, termasuk dalam layanan online-to-offline (O2O), serta mengembangkan titik kontak yang lebih luas ke pelanggan dalam ekosistem ritel.

Seperti yang dilakukan dalam inisiatif Mitra Bukalapak, kombinasi model unik dan kerjasama yang menguntungkan dengan rekan strategis akan memberikan peluang besar untuk melayani pertumbuhan permintaan di segmen ini."

Meskipun terjadi peningkatan signifikan aktivitas e-commerce, pasar daring belanja kebutuhan sehari-hari masih berada di bawah 2% dibandingkan total pengeluaran ritel kebutuhan sehari-hari Indonesia.

"Angka ini sangat rendah jika dibandingkan dengan share kebutuhan sehari-hari (groceries) dari total seluruh pengeluaran ritel di Asia Tenggara yang mencapai 50%.

Sebagai Independent Commissioner AlloFresh, saya antusias untuk memberikan kenyamanan dalam belanja barang sehari-hari secara daring pada jutaan masyarakat Indonesia," ujar Olivier Legrand, Transaction Advisory Member Growtheum Capital Partners.

Integrasi dan Transformasi Bisnis

Keahlian digital serta pemahaman mendalam atas perilaku daring pelanggan yang dimiliki oleh Bukalapak merupakan bagian penting AlloFresh untuk mendefinisikan kembali kategori ini dan menjadi pioneer di pasar.

Adanya proses integrasi dengan perusahaan ritel offline terbesar di Indonesia untuk kebutuhan sehari-hari juga membantu mempercepat transformasi bisnis Bukalapak dari dari platform umum menjadi platform khusus (specialty platform).

Solusi Bagi Pelanggan

Sebagai salah satu mitra strategis, Trans Retail Indonesia memiliki pemahaman yang sama dengan Bukalapak terkait pola konsumsi konsumen Indonesia yang terus berubah.

"Menciptakan pengalaman omnichannel offline-dan-daring bagi pelanggan dapat menjadi solusi bagi tren tersebut.

AlloFresh akan menjadi satu-satunya tempat untuk mengakses rangkaian produk dari berbagai merk dan label tersendiri di Indonesia hanya dengan beberapa klik," tambah Chairul Tanjung, Chairman CT Corp.

Pelanggan Bukalapak kini dapat memesan kebutuhan sehari-harinya melalui aplikasi AlloFresh yang tersedia di App Store dan Google Playstore, sekaligus "Click & Go" di toko-toko TRANSMart.

Sebagai tahap awal, AlloFresh dapat mengirimkan pesanan belanja kebutuhan sehari-hari untuk pelanggan di wilayah Jakarta.

Platform All-Commerce

Bukalapak merupakan platform all-commerce terdepan yang melayani lebih dari 10,4 Juta UMKM offline, 6,7 Juta pedagang online, dan lebih dari 100 Juta pelanggan di Indonesia.

Bisnis Bukalapak dilakukan melalui platform mobile atau web Bukalapak dan Mitra Bukalapak, menawarkan produk fisik dan virtual.

Dengan paduan model unik dan kerjasama strategis berikan peluang layani pertumbuhan permintaan segmen ritel di Indonesia.
jasa-pengiriman-ekspedisi