Potensi Lahan Pertanian dan Aset Kehutanan Dukung Mitigasi dan Adaptasi Iklim Global lewat Pemisahan Karbon

Ajang Berita - Potensi lahan pertanian dan aset kehutanan dukung mitigasi dan adaptasi iklim global lewat pemisahan karbon. PSP Investments bermitra dengan WSP dan luncurkan analisis iklim secara menyeluruh atas lebih dari tiga hektar area hutan dan lahan pertanian.

Proyek ini mendukung komitmen PSP Investments untuk mempercepat penurunan intensitas gas rumah kaca dalam portofolio bisnis SDA dan mengoptimalkan potensi daya serap karbon.

Potensi Lahan Pertanian dan Aset Kehutanan Dukung Mitigasi dan Adaptasi Iklim Global lewat Pemisahan Karbon

Public Sector Pension Investment Board (PSP Investments), salah satu pengelola dana pensiun yang terbesar di Kanada, bermitra dengan grup teknik dan konsultan iklim terkemuka di dunia WSP.
potensi-lahan-pertanian-dan-aset-kehutanan-dukung-mitigasi-dan-adaptasi-iklim-global-lewat-pemisahan-karbon
Potensi lahan pertanian dan aset kehutanan dukung mitigasi dan adaptasi iklim global lewat pemisahan karbon
Kemitraan ini terjalin dalam rangka analisis iklim secara terperinci atas portofolio bisnis Sumber Daya Alam Global (Global Natural Resources/"NR") milik PSP Investments.

Analisis ini, dilakukan dengan melibatkan mitra operasional PSP Investments di wilayah setempat, meliputi lebih dari tiga juta lahan pertanian dan area hutan di lebih dari 400 properti individual yang tersebar di enam negara.

Analisis ini akan mencakup berbagai jenis tanaman, termasuk kayu, kacang pohon, kebun anggur, buah-buahan, biji-bijian, kapas, dan protein hewani.

Analisis Iklim Secara Menyeluruh

Target utama dari analisis ini adalah merumuskan angka dasar penurunan gas rumah kaca (Lingkup 1 dan 2) dalam portofolio NR milik PSP Investments dengan memakai data pada jenjang lahan pertanian.
potensi-lahan-pertanian-dan-aset-kehutanan-dukung-mitigasi-dan-adaptasi-iklim-global-lewat-pemisahan-karbon
Analisis iklim secara menyeluruh atas lebih dari tiga hektar area hutan dan lahan pertanian
Informasi tersebut akan didukung pengembangan dan implementasi rencana dekarbonisasi guna mengurangi emisi gas rumah kaca, serta menyusun rencana transisi berbasiskan sains bagi perusahaan portofolio PSP Investments.

Target kedua, menentukan pemisahan kapabilitas aset PSP Investments dalam jenis cadangan karbon yang berbeda (misalnya, karbon biomassa dan karbon organik pada tanah).

Hal tersebut akan mengandalkan kajian ilmiah, analisis dari pakar pihak ketiga, serta pengalaman lapangan yang dikuasai tim manajemen lokal.

Maka, metodologi canggih dapat dikembangkan guna menentukan sumber data yang tepat dalam menghitung dan melaporkan penyingkiran dan penyerapan karbondioksida biogenik.

Program Percontohan

Analisis iklim WSP akan terintegrasi dengan partisipasi PSP Investments dalam program percontohan, yakni Farmland Management Standard, dipimpin oleh Leading Harvest, sebuah lembaga nirlaba yang bergerak di bidang pertanian berkelanjutan.
potensi-lahan-pertanian-dan-aset-kehutanan-dukung-mitigasi-dan-adaptasi-iklim-global-lewat-pemisahan-karbon
Komitmen percepat penurunan intensitas gas rumah kaca dan optimalkan potensi daya serap karbon
Farmland Management Standard, program jaminan pihak ketiga, menstandardisasi tolok ukur dan pelaporan aspek keberlanjutan dalam bidang pertanian dan produksi pangan.

Marc Drouin, Senior Managing Director & Global Head, Natural Resources, PSP Investments, berkata: "Sebagai investor jangka panjang dan salah satu investor terkemuka di dunia dalam sektor pertanian dan kehutanan, kami sangat berkomitmen untuk terus meningkatkan praktik pertanian berkelanjutan di seluruh dunia.

Lahan pertanian dan aset kehutanan berpotensi besar mendukung mitigasi dan adaptasi iklim global, termasuk lewat potensi pemisahan karbon (carbon sequestration).

Proyek inovatif bersama WSP tersebut akan menghasilkan informasi terperinci hingga jenjang lahan pertanian.

Dengan demikian, platform kami mampu memetakan langkah menuju era dengan emisi nol di dunia."

Komitmen Jangka Panjang dan Keberlanjutan

Mel de Jager, Vice President, Climate Change, Resilience & Sustainability, WSP, berkata: "Bagi WSP, peluang berkolaborasi dengan perusahaan global seperti PSP Investments, bergerak di berbagai jenis tanaman, spesies pohon, dan geografi, merupakan kesempatan istimewa dan menarik.

Lewat proyek ini, kami tak hanya membantu PSP Investments dan mitra-mitranya dalam mempelajari jejak emisi gas rumah kaca, namun kami juga memiliki kesempatan nyata untuk memajukan carbon sequestration di lahan pertanian."

Analisis ini dilakukan PSP Investments setelah meluncurkan Climate Strategy yang perdana, serta komitmen jangka panjangnya untuk menurunkan emisi gas rumah kaca melalui praktik pertanian dan kehutanan terbaik dan berkelanjutan.

Kelola Kontribusi Bersih

Public Sector Pension Investment Board adalah salah satu pengelola dana pensiun yang terbesar di Kanada dengan aset bersih sebesar $230,5 miliar pada 31 Maret 2022.

PSP Investments mengelola beragam portofolio investasi, terdiri atas investasi di pasar modal, public equity, real estate, infrastruktur, sumber daya alam dan private debt.

Berdiri pada 1999, PSP Investments mengelola kontribusi bersih bagi dana pensiun Instansi Publik Federal, Canadian Forces, Royal Canadian Mounted Police, serta Reserve Force.

Berkantor pusat di Ottawa, PSP Investments memiliki kantor perwakilan bisnis di Montréal, serta kantor cabang di New York dan London.

Target: Dampak Positif dalam Jangka Panjang

Sebagai salah satu perusahaan jasa profesional yang terkemuka di dunia, WSP mempersiapkan kota dan alam menghadapi tuntutan masa depan.

WSP menyediakan konsultasi strategis, jasa teknik, dan desain bagi klien yang bergerak di sektor transportasi, infrastruktur, lingkungan hidup, pergedungan, kelistrikan, energi, air, pertambangan, dan sumber daya alam.

Sebanyak 55.000 tenaga profesional WSP yang tepercaya memiliki target bersama, yakni menciptakan dampak positif dalam jangka panjang terhadap komunitas melalui budaya inovasi, integritas, dan inklusi.
Aspek keberlanjutan dan sains melatarbelakangi kiprah WSP.
Sekitar setengah dari pendapatan WSP pada 2021 yang tercatat senilai $10,3 miliar (CAD) dihasilkan sumber yang ramah lingkungan. Saham WSP tercatat di Bursa Efek Toronto (TSX: WSP).

Aspek keberlanjutan dan sains inilah yang membuat potensi lahan pertanian dan aset kehutanan dukung mitigasi dan adaptasi iklim global lewat pemisahan karbon.
jasa-pengiriman-ekspedisi