Hilirisasi Industri Gula, Solusi Atasi Ketergantungan pada Rantai Pasok Sektor Pangan dan Energi Dunia

Ajang Berita - Hilirisasi industri gula, solusi atasi ketergantungan pada rantai pasok sektor pangan dan energi dunia. Dukung ketahanan pangan dan energi, Kementerian BUMN bentuk PT Sinergi Gula Nusantara.

Hilirisasi Industri Gula, Solusi Atasi Ketergantungan pada Rantai Pasok Sektor Pangan dan Energi Dunia

Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir meresmikan revitalisasi industri gula nasional untuk mendukung ketahanan pangan dan energi di Mojokerto, Jawa Timur, hari ini (10/10).
hilirisasi-industri-gula-solusi-atasi-ketergantungan-pada-rantai-pasok-sektor-pangan-dan-energi-dunia
Hilirisasi industri gula, solusi atasi ketergantungan pada rantai pasok sektor pangan dan energi dunia
Acara ini dihadiri oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif, Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh, Anggota VII BPK Hendra Susanto, Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansury, dan Bupati Kabupaten Mojokerto Ikfina Fatmawati.

"Sejalan dengan prioritas pemerintah yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dimana beliau selalu menekankan pembangunan ekosistem, kita harus dapat mengatasi ketergantungan kita terhadap rantai pasok dunia, khususnya untuk sektor pangan dan energi.

Pak Presiden selalu mendorong agar ada solusi dan karena itu kita sekarang terus mendorong bagaimana hilirisasi industri gula ini sudah menjadi kenyataan dan bukan hanya sekadar rencana," ujar Erick.

Bangun Ekosistem Bisnis

Peresmian ini menandai dimulainya penataan organisasi PT Perkebunan Nusantara III (Persero)/ PTPN Group melalui pembentukan PT Sinergi Gula Nusantara (SGN) yang akan berperan besar dalam mendukung ketahanan pangan dan energi.
hilirisasi-industri-gula-solusi-atasi-ketergantungan-pada-rantai-pasok-sektor-pangan-dan-energi-dunia
Dukung ketahanan pangan dan energi, Kementerian BUMN bentuk PT Sinergi Gula Nusantara.
Menteri BUMN, Erick Thohir menyampaikan, Pembentukan PT SGN ini membuktikan bahwa BUMN siap membangun ekosistem bisnis di tengah ketidakpastian industri pangan dan situasi ekonomi global.

PT SGN merupakan wujud dari akselerasi transformasi bisnis di PTPN Group Holding yang berasal dari penggabungan aset-aset perusahaan perkebunan tebu milik PTPN Group, yakni PTPN II, PTPN VII, PTPN IX, PTPN X, PTPN XI, PTPN XII dan PTPN XIV.

Integrasi PTPN Group melalui pembentukan PT Sinergi Gula Nusantara, PT Sinergi Sawit Nusantara, dan PT Aset Manajemen Nusantara ini sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 9 Tahun 2022 tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).

"Transformasi dari PTPN sejatinya sudah berjalan dengan baik dan pembentukan PT Sinergi Gula Nusantara, PT Sinergi Sawit Nusantara, dan PT Aset Manajemen Nusantara merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional yang terus dikawal oleh pemerintah.

Ini merupakan komitmen dari negara untuk memastikan bahwa ketiga proyek tersebut dapat berjalan dengan baik," tandas Erick.

Revitalisasi Industri Gula Nasional

Sebagai entitas tunggal dari 36 pabrik gula (PG) milik PTPN Group, PT SGN akan menjadi perusahaan gula terbesar di Indonesia dengan proyeksi perluasan lahan hingga 700 ribu hektare di 2028 mendatang.
hilirisasi-industri-gula-solusi-atasi-ketergantungan-pada-rantai-pasok-sektor-pangan-dan-energi-dunia
Revitalisasi industri gula nasional
Dengan luasan lahan tersebut, diharapkan PT SGN akan mampu menguasai 60%-70% pasar gula nasional di tahun 2028.

"Kita harapkan PT SGN ini bisa memenuhi kebutuhan gula nasional, dan kesejahteraan petani harus menjadi bagian karena pembukaan 700 ribu hektare lahan ini bukan hanya lahan PTPN saja, tetapi juga bekerja sama dengan petani," tandas Erick.

Revitalisasi Industri Gula Nasional yang dilakukan oleh PT SGN ini termasuk melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi on farm maupun off farm sehingga diharapkan mampu mewujudkan swasembada gula konsumsi nasional tahun 2028, dan gula konsumsi industri tahun 2030.

Solusi Percepatan Swasembada Gula Konsumsi

Sebagai informasi, pada tahun 2021 produksi gula kristal putih (GKP) Nasional adalah sebanyak 2,35 juta ton dengan kebutuhan konsumsi gula nasional sebesar 3,12 juta ton.

Dengan demikian, sisa kebutuhan gula nasional terpaksa harus dipenuhi melalui impor sebesar 1,04 juta ton setara GKP.

Untuk itu, pembentukan PT SGN merupakan solusi untuk percepatan swasembada gula konsumsi, peningkatan kesejahteraan petani tebu, juga menjaga stok gula konsumsi untuk stabilisasi harga.
hilirisasi-industri-gula-solusi-atasi-ketergantungan-pada-rantai-pasok-sektor-pangan-dan-energi-dunia
Sebagian kebutuhan gula nasional terpaksa harus dipenuhi melalui impor
Selain upaya untuk kedaulatan pangan, PT SGN juga diproyeksikan untuk mewujudkan kedaulatan energi melalui Bioethanol berbasis tanaman tebu yang memberi kontribusi nyata terhadap Biofuel sebagai energi baru terbarukan (EBT).

"Kita harus memastikan juga agar PT SGN ini bisa memproduksi bioethanol agar ke depan ini bisa menjadi solusi untuk menyelesaikan permasalahan impor BBM.

Sebagai laporan, kita juga sudah melakukan benchmarking dengan negara tetangga Brasil, dimana mereka telah berhasil mendorong turunan gula menjadi bioethanol, kalau negara lain bisa kenapa Indonesia tidak bisa," lanjut Erick.

Alternatif Energi Kurangi Beban Ketergantungan Impor

Sejalan dengan peningkatan produktivitas gula yang dilakukan PT SGN nantinya, produksi bioethanol berbasis tebu yang memberikan kontribusi nyata pada biofuel diharapkan dapat turut meningkat.

"Kita targetkan untuk bisa menghasilkan 1,2 juta kiloliter minyak mentah (di tahun 2030). Karena itu, kehadiran Pertamina untuk menjadi off taker menjadi penting supaya bisa dipastikan bahwa apa yang menjadi kebutuhan petani dan gula nasional berkesinambungan dengan kebutuhan energi nasional dengan mencampur bioethanol ke BBM dan menciptakan BBM ramah lingkungan seperti yang kita saksikan di Brasil," tandasnya.

Hal ini menjadi penting untuk substitusi kebutuhan impor minyak mentah dan digunakan untuk bauran energi kendaraan yang ramah lingkungan.

Dengan demikian, negara akan memiliki alternatif energi untuk mengurangi beban ketergantungan impor BBM.
hilirisasi-industri-gula-solusi-atasi-ketergantungan-pada-rantai-pasok-sektor-pangan-dan-energi-dunia
Produksi bioethanol berbasis tebu sebagai alternatif energi kurangi beban ketergantungan impor BBM
Untuk mendukung hal tersebut, PTPN bersinergi dengan Pertamina untuk pilot project pengembangan biofuel.

Hal ini merupakan langkah penting dalam mewujudkan penyediaan bioethanol kepada masyarakat sebagai bahan bakar kendaraan yang lebih ramah lingkungan, seperti yang sudah terjadi di Brazil.

Langkah tersebut, juga sejalan dengan sustainable energy transition yang menjadi salah satu agenda prioritas G-20 di Bali, selain global health architecture dan digital transformation.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri BUMN juga menyempatkan berdialog dengan petani di Kebun Temugiring PTPN X dan menyaksikan proses panen tebu yang menggunakan cane harvester dan cane graber dan penanaman tebu secara mekanis cane planter di area demo plot dengan bibit varietas unggul jenis NX04 yang dirilis oleh pusat penelitian PTPN X.

Dengan mendorong hilirisasi industri gula, solusi atasi ketergantungan pada rantai pasok sektor pangan dan energi dunia telah menjadi kenyataan dan bukan hanya sekadar rencana.
jasa-pengiriman-ekspedisi