jasa-pengiriman-ekspedisi

Kastengel, Camilan Hari Raya Warisan Belanda

Ajang Berita, Kuliner - Kastengel, camilan hari raya warisan Belanda. Hari Raya Idul Fitri biasanya dirayakan dengan meriah oleh umat Islam di Indonesia. Sajian kuliner merupakan tradisi yang melekat dalam perayaan tersebut, mulai dari penganan berlimpah santan hingga camilan yang lezatnya tiada tara. Salah satunya adalah Kastengel.

Kastengel, Camilan Hari Raya Warisan Belanda

Kastengel adalah sejenis kue kering yang dipanggang di oven. Bentuknya sebesar jari kita dengan panjang sekitar 5 centimeter. Adonannya mirip dengan adonan nastar. Bedanya, adonan kastengel menggunakan keju dan akan lebih enak jika kita menggunakan keju (tua/keju ayam) dari Belanda. Kalau bisa keju Edam atau Gouda yang tua dan berbentuk seperti bola bowling dengan lapisan lilin merah. Rasanya, pahit-pahit gurih dan sangat sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata. Sedangkan nastar menggunakan parutan buah nanas sebagai isinya.
kastengel-camilan-hari-raya-warisan-belanda
Kastengel, Camilan Hari Raya Warisan Belanda
Kaas berarti keju dan stengels berarti batangan. Oleh karena itu disebut kaasstengels atau batangan keju, dan sekarang dikenal dengan kastengel. Kaasstengels (bahasa Belanda kaas, keju; stengel, batang) adalah kue kering yang dibuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan parutan keju. Kue ini berbentuk persegi panjang, panjangnya sekitar 3-4 cm dan lebarnya 1 cm, dan dipanggang di dalam oven hingga kuning keemasan.

Jenis keju yang digunakan tergantung pada resep dan selera orang yang membuat, bisa berupa keju Gouda, Edam, atau keju cheddar. Keju Parmesan juga sering digunakan agar kue lebih harum.

Di Belanda, kue kaasstengels ini tidak sependek di Indonesia tapi panjangnya mirip mistar, sekitar 30 centimeter. Kue ini sangat digemari anak-anak karena rasanya yang gurih.

Menurut cerita bila kita menelusuri sejarah kuliner Indonesia, mungkin resep kue ini dibawa oleh nyonya-nyonya Belanda di masa kolonial Hindia Belanda. Begitu masuk ke sini, lantaran oven yang ada tidak terlalu besar, maka kue dipotong kecil-kecil. Beradaptasi dengan peralatan di sini.

Di Indonesia Kaasstengels biasanya dihidangkan pada berbagai hari raya, mulai dari Idul Fitri, Natal, hingga tahun baru Imlek. Selama bulan Ramadhan kue ini dijual di toku kue, toko roti, dan toko swalayan dalam kemasan toples plastik.

Kastengel, camilan hari raya warisan Belanda.