Warga Indramayu Inisiatif Lakukan Penyemprotan Disinfektan Mandiri Untuk Cegah Penyebaran COVID-19

Ajang Berita, KesehatanSadar akan potensi penyebaran wabah pandemi, warga Indramayu inisiatif lakukan penyemprotan disinfektan mandiri untuk cegah penyebaran COVID-19.

Salah satu kelompok warga yang sadar mengenai penerapan budaya hidup bersih sehat ini adalah warga RW 05 Perumahan Graha Alana di Desa Tambak, Indramayu, Jawa Barat.

Warga Indramayu Inisiatif Lakukan Penyemprotan Disinfektan Mandiri Untuk Cegah Penyebaran COVID-19

Melalui inisiasi yang dilakukan oleh Pengurus RW 05 Desa Tambak Indramayu, terutama jajaran pengurus bidang kesehatan, warga Perumahan Graha Alana melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan secara mandiri untuk mencegah meluasnya penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Kegiatan yang melibatkan warga baik sipil maupun para pegawai medis yang tinggal di perumahan setempat diselenggarakan pada hari Ahad (29/3) lalu.

warga-indramayu-inisiatif-lakukan-penyemprotan-disinfektan-mandiri-untuk-cegah-penyebaran-covid-19
Warga Indramayu Inisiatif Lakukan Penyemprotan Disinfektan Mandiri Untuk Cegah Penyebaran COVID-19
Makroji, Kordinator Penyelenggara, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut adalah salah satu kegiatan sosial yang dilakukan oleh warga Perumahan Graha Alana untuk pencegahan meluasnya penyebaran virus covid-19.

Pihak Pengurus RW 05 melakukan inisiatif ini sebenarnya untuk mengawali, sehingga ke depannya diharapkan masyarakat dapat melaksanakannya secara mandiri di rumah masing-masing. 

Pengurus RW 05 Desa Tambak juga telah membagikan berbagai resep disinfektan mandiri yang diberikan dalam edaran, dan disebarkan khususnya untuk warga di perumahan Graha Alana Desa Tambak, Indramayu.

Makroji melanjutkan, "Kegiatan ini kita inisiasi sebagai bentuk kepedulian kita terhadap kesehatan dalam rangka pencegahan merebaknya covid-19 saat ini, dan kita laksanakan secara mandiri".

warga-indramayu-inisiatif-lakukan-penyemprotan-disinfektan-mandiri-untuk-cegah-penyebaran-covid-19-
Pemeriksaan Suhu Tubuh oleh Petugas
Ketua RW 05 Desa Tambak Indramayu, Haris Rojangi, menambahkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan selain untuk mendukung program pemerintah, juga disebabkan karena adanya beberapa warga yg beraktifitas keluar masuk wilayah yang termasuk wilayah zona merah, dan karena sulit untuk mendeteksinya sehingga tidak diketahui atau tidak terdaftar aktivitasnya hingga lolos dari pantauan. 

Meski demikian pihaknya berharap agar seluruh warga RW 05 Desa Tambak selalu dalam keadaan sehat dan baik- baik saja.

"Salah satu bentuk kegiatan sosial yg kita lakukan secara mandiri dari swadaya warga, mencegah adanya penyebaran virus COVID-19 semakin meluas, dan kami himbau warga agar tetap tenang dan terus mengikuti aturan maupun himbauan pemerintah baik pusat maupun daerah."jelasnya.

Selain itu, ia meminta warga untuk tidak panik dalam menyikapi penyebaran wabah Corona. Pasalnya, kepanikan berlebihan justru akan menimbulkan ekses negatif. 

Selanjutnya pihaknya menghimbau untuk warga yg baru datang dari wilayah pandemi atau yg baru datang dari luar kota, terlebih dari zona merah, maka warga tersebut agar dengan sukarela mengikuti protokol kesehatan COVID-19.

Prosedur kesehatan itu di antaranya agar melakukan isolasi diri dan melakukan pemeriksaan, atau konfirmasi kesehatan melalui call center COVID-19 Kabupaten Indramayu, bila mendapati gejala-gejala terkena virus corona.

"Untuk seluruh warga, khususnya di Perumahan Graha Alana ini, saya minta, terutama bagi yg baru datang dari luar kota, terlebih dari kawasan zona merah, agar mengikuti himbauan kesehatan dan diam di rumah dulu idealnya selama 14 hari, dan agar rajin mencuci tangan”, tegasnya.

Kegiatan penyemprotan disinfektan mandiri ini dilakukan secara menyeluruh baik di fasilitas umum, halaman rumah, hingga bagian-bagian di dalam rumah, seperti area ruang tamu. Bahan yg digunakan pun merupakan bahan yg aman. Sementara untuk di area fasilitas umum menggunakan bahan campuran, termasuk pembersih atau pemutih lantai.

“Pada kegiatan ini juga, dilakukan tes suhu badan, penyemprotan hand sanitizer, serta diberikan sosialisasi cara membuat bahan disinfektan maupun hand sanitizer, tak lupa dibagikan surat edaran oleh tim kesehatan mengenai cara pembuatan disinfektan dan prosedur penanganan wabah COVID-19. Tak lupa Pengurus RW 05 Desa Tambak mengucapkan terima kasih yang disampaikan untuk seluruh warga RW 05 Desa Tambak serta semua lembaga yang telah berpartisipasi dalam kegiatan penyemprotan disinfektan mandiri ini”, ujarnya sambil menutup pembicaraan.

Cepat merebaknya penularan corona virus disease mendorong warga Indramayu inisiatif lakukan penyemprotan disinfektan mandiri untuk cegah penyebaran COVID-19

saffron-super-negin