CAS Luncurkan Rangkaian Data dengan Akses Terbuka tentang Senyawa Kimia Antivirus demi Membantu Pencarian dan Analisis COVID-19

Ajang Berita, KesehatanCAS Luncurkan Rangkaian Data dengan Akses Terbuka tentang Senyawa Kimia Antivirus demi Membantu Pencarian dan Analisis COVID-19.

CAS, sebuah divisi American Chemical Society yang berspesialisasi dalam solusi informasi ilmiah, bermitra dengan berbagai lembaga riset dan teknologi di seluruh dunia untuk mengatasi tantangan kompleks yang muncul akibat COVID-19.

CAS Luncurkan Rangkaian Data dengan Akses Terbuka tentang Senyawa Kimia Antivirus demi Membantu Pencarian dan Analisis COVID-19


Demi merespons permintaan White House Office of Science and Technology Policy dan sejumlah pemimpin inovasi di seluruh dunia, CAS baru merilis rangkaian data dengan akses terbuka.

cas-luncurkan-rangkaian-data-dengan-akses-terbuka-tentang-senyawa-kimia-antivirus-demi-membantu-pencarian-dan-analisis-covid-19
CAS Luncurkan Rangkaian Data dengan Akses Terbuka tentang Senyawa Kimia Antivirus demi Membantu Pencarian dan Analisis COVID-19
Rangkaian data ini terdiri atas senyawa kimia dengan aktivitas antivirus yang telah diketahui atau potensial demi membantu kegiatan riset, penggalian data (data mining), serta analisis.

Rangkaian Data tentang Senyawa Antivirus Potensial untuk COVID-19 terbaru dari CAS mengandung hampir 50.000 senyawa kimia yang dikumpulkan dari CAS REGISTRY®.

Menurut laporan di penerbitan ilmiah, berbagai senyawa kimia tersebut memiliki aktivitas antivirus atau struktur serupa dengan antivirus yang telah ditemukan.

Metadata terkait, seperti CAS Registry Number®, ciri khas fisik, serta tabel koneksi untuk setiap senyawa, juga tersedia.

Rangkaian data ini merupakan koleksi senyawa kimia pertama yang dikirimkan untuk Rangkaian Data Riset Terbuka "CORD-19" milik Allen Institute for AI. Rangkaian data dari CAS dapat diunduh secara langsung di laman cas [dot] org dengan kata kunci: Download CAS COVID-19 Antiviral Candidate Compounds Dataset, atau di www [dot] cas [dot] org [slash] covid [dash] 19 [dash] antiviral [dash] compounds [dash] dataset.

"Saya sangat mengapresiasi kalangan peneliti dan praktisi kesehatan di garis depan yang memberantas COVID-19. CAS berkomitmen besar untuk memanfaatkan konten, teknologi, dan keahliannya dengan cara apa pun demi membantu para peneliti dan praktisi kesehatan yang tengah menjawab tantangan COVID-19, serta menyelamatkan jiwa manusia," ujar Manuel Guzman, President, CAS.

"Rangkaian data awal tersebut, dikurasi tim ilmuwan kami, kelak membantu para peneliti. Mereka juga dapat memanfaatkan sejumah teknologi baru, seperti AI, untuk mencari koneksi baru antara riset kimia yang sebelumnya telah diterbitkan sehingga pengobatan COVID-19 bisa dipercepat. Kami menerima sejumlah permohonan atas rangkaian data dari tim-tim proyek agar mereka terbantu untuk memberantas COVID-19."

Produk vaksin COVID-19 yang memperoleh izin kemungkinan baru tersedia lebih dari satu tahun mendatang.

Sebagian besar dari riset tentang pengobatan jangka pendek berfokus pada pengobatan antivirus yang bisa mengurangi gejala dan mempercepat pemulihan.

Untuk itu, CAS melakukan kurasi atas sekumpulan senyawa antivirus yang telah ditemukan dan potensial.

Berbagai senyawa ini menjadi calon-calon molekul yang bisa digunakan kembali untuk pengobatan jangka pendek, jika terbukti dapat melawan COVID-19. 

CAS, adalah sebuah divisi American Chemical Society, berspesialisasi dalam solusi informasi ilmiah. CAS bermitra dengan berbagai lembaga Litbang di dunia untuk menyajikan wawasan ilmiah yang dapat ditindaklanjuti.

Dengan demikian, lembaga litbang tersebut bisa merencanakan dan menjalankan inovasi, melindungi inovasinya, serta memperkirakan bagaimana pasar dan peluang baru akan berkembang.

Para peneliti ilmiah, tenaga profesional di bidang paten, serta pemimpin bisnis di seluruh dunia dalam sektor perdagangan, akademik, dan pemerintah mengandalkan solusi serta layanan kami demi mendukung penelusuran informasi dan strateginya.

Anda juga dapat mengandalkan konten yang luar biasa, teknologi khusus, dan keahlian SDM yang andal dari CAS.

Dengan sejumlah solusi CAS, Anda bisa menyesuaikan berbagai solusi sehingga lembaga Anda memiliki daya saing informasi.

Berpengalaman selama lebih dari 110 tahun, tak ada pihak yang memahami informasi ilmiah sebaik CAS. Oleh sebab itu, CAS Luncurkan Rangkaian Data dengan Akses Terbuka tentang Senyawa Kimia Antivirus demi Membantu Pencarian dan Analisis COVID-19.

saffron-super-negin