Lembaga Global Nirlaba Wujudkan Pengalaman Internet yang Lebih Cepat, Murah, dan Andal

Ajang Berita - Lembaga global nirlaba wujudkan pengalaman internet yang lebih cepat, murah, dan andal. Sejumlah organisasi internet terkemuka berkolaborasi guna mengubah akses internet di Asia Pasifik.

Lembaga Global Nirlaba Wujudkan Pengalaman Internet yang Lebih Cepat, Murah, dan Andal

Sejumlah organisasi Internet di Asia Pasifik dan Internet Society hari ini menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk memperkuat dan mendukung perkembangan Internet Exchange Point (IXP) di Asia Pasifik.
lembaga-global-nirlaba-wujudkan-pengalaman-internet-yang-lebih-cepat-murah-dan-andal
Lembaga global nirlaba wujudkan pengalaman internet yang lebih cepat, murah, dan andal
Internet Society dan sejumlah organisasi terkemuka di Asia Pasifik berkomitmen mengembangkan Internet Exchange Point yang meningkatkan keterjangkauan, kualitas, dan keandalan Internet.
IXP adalah infrastruktur teknis yang mewujudkan pengalaman internet yang lebih cepat, murah, dan andal.
Hal ini dilakukan dengan menyatukan berbagai jaringan dari sektor swasta, publik, dan pendidikan.

Dengan demikian, jaringan-jaringan ini dapat saling terhubung dan bertukar arus penggunaan Internet (Internet traffic).

IXP membantu negara-negara memanfaatkan ekonomi Internet global lewat peningkatan akses Internet, dan membuka berbagai peluang dengan investasi minimum.

Komitmen Penyediaan Sarana Infrastruktur Teknis

MoU ini akan mencakup seluruh kawasan Asia Pasifik, namun akan bermanfaat bagi sebagian besar negara yang mempertukarkan arus penggunaan Internet lokalnya pada tautan internasional.

Negara-negara ini adalah negara tanpa pantai (landlocked), negara-negara berkembang yang membutuhkan lebih banyak lokalisasi arus penggunaan Internet, serta negara-negara berkembang yang terdiri atas wilayah kepulauan.

Pihak-pihak penandatangan MoU ini berkomitmen menyediakan sarana yang memfasilitasi perkembangan IXP di Asia Pasifik, termasuk:
  • Internet Society - Lembaga global nirlaba yang bermisi mendukung dan mempromosikan perkembangan Internet sebagai infrastruktur teknis global, sebuah sarana yang memperkaya kehidupan manusia, dan kekuatan kebaikan di tengah masyarakat.
  • Asia Pacific Internet Exchange Association (APIX) - Asosiasi IXP di Asia Pasifik yang menjadi forum untuk berbagi pengalaman dan kolaborasi teknis.
  • APNIC (Asia Pacific Network Information Centre) - Regional Internet Registry (RIR) di Asia Pasifik. Selain mendistribusikan dan mengelola sumber daya nomor Internet, APNIC telah mendukung implementasi infrastruktur Internet dan peningkatan kapasitas di tingkat regional selama lebih dari 20 tahun.
  • APNIC Foundation - Sebuah yayasan yang bermisi meningkatkan investasi dalam perkembangan Internet di Asia Pasifik melalui beragam kemitraan yang berfokus pada pendidikan dan pelatihan, peningkatan kapasitas manusia, pemberdayaan masyarakat, riset, serta berbagai proyek dan aktivitas terkait lainnya.

Kolaborasi untuk Ketersediaan Layanan dan Kualitas Akses

"Penandatanganan MoU ini mencerminkan komitmen Internet Society dalam bermitra dengan organisasi-organisasi di Asia Pasifik untuk mengembangkan IXP.

Berkat IXP, arus penggunaan Internet lokal dapat saling dipertukarkan sehingga mengurangi ketergantungan terhadap gateway internasional.

Kolaborasi ini akan bermanfaat bagi perusahaan dan konsumen, sebab tingkat ketersediaan layanan menjadi lebih baik, dan kualitas akses juga terwujud dari koneksi jaringan yang lebih bersifat langsung", ungkap Naveed Ul Haq, Regional Infrastructure and Connectivity Director, Internet Society.

"APNIC telah lama mendukung perkembangan Internet Exchange nirlaba di Asia Pasifik. Lewat kolaborasi dengan ISOC, APIX, dan APNIC Foundation, kami mempercepat pertumbuhan IXP di tingkat regional agar mendatangkan manfaat bagi berbagai komunitas secara lebih cepat", tambah  Che-Hoo Cheng, Infrastructure & Development Director, APNIC.

"APNIC Foundation sangat gembira atas inisiatif baru ini, khususnya guna membantu perkembangan IXP yang bersifat nirlaba di Asia Pasifik.

Dalam Rencana Strategis kami yang baru diresmikan, APNIC Foundation memiliki komitmen jelas untuk mendukung perkembangan infrastruktur sesuai dengan Pilar Strategis yang berfokus pada Dampak Positif.

Kami ingin berkolaborasi dalam sejumlah inisiatif yang digagas mitra-mitra lain, serta membangun rekam jejak dalam aspek-aspek kolaborasi, kerja sama, dan pencapaian", jelas Duncan Macintosh, CEO, APNIC Foundation.

Infrastruktur Internet yang Stabil, Andal, dan Terjangkau

"Kami bermisi menyebarluaskan internet exchange yang terbuka dan netral di Asia Pasifik, serta berbagi pengetahuan dan pengalaman di antara internet exchange yang telah tersedia dan berkembang dengan baik.

Kolaborasi dengan ISOC, APNIC, dan APNIC Foundation akan semakin mempercepat perkembangan IXP, serta menghadirkan infrastruktur internet yang lebih stabil, andal, dan terjangkau di Asia Pasifik.

APIX sangat gembira mengambil peranan dalam kolaborasi ini," kata Katsuyasu Toyama, APIX Steering Committee.

Didirikan para pionir Internet pada 1992, Internet Society memperingati hari jadinya yang ke-30 tahun sebagai lembaga global nirlaba yang menjamin peran Internet sebagai kekuatan kebaikan bagi setiap orang.

Melalui komunitas yang terdiri atas anggota, kelompok kepentingan khusus, dan 120+ perwakilan di seluruh dunia, Internet Society memperjuangkan dan mempromosikan kebijakan, standar, serta protokol Internet yang memastikan Internet bersifat terbuka, terkoneksi secara global, dan aman.

Kolaborasi ini merupakan bukti bahwa sebuah lembaga global nirlaba wujudkan pengalaman internet yang lebih cepat, murah, dan andal.
jasa-pengiriman-ekspedisi