jasa-pengiriman-ekspedisi

Dukung Kebersihan Lingkungan, Nilai Keberlanjutan Jadi Komitmen Bagi Industri di Setiap Proses Produksinya

Ajang Berita - Dukung kebersihan lingkungan, nilai keberlanjutan jadi komitmen bagi industri di setiap proses produksinya. IKEA Indonesia bersama Sungai Watch bersihkan sampah plastik di sungai daerah Jimbaran.

Dukung Kebersihan Lingkungan, Nilai Keberlanjutan Jadi Komitmen Bagi Industri di Setiap Proses Produksinya

IKEA Indonesia mengumpulkan donasi dari penjualan produk KÅSEBERGA untuk melindungi lingkungan perairan dari sampah plastik.
dukung-kebersihan-lingkungan-nilai-keberlanjutan-jadi-komitmen-bagi-industri-di-setiap-proses-produksinya
Dukung kebersihan lingkungan, nilai keberlanjutan jadi komitmen bagi industri di setiap proses produksinya
IKEA Indonesia memiliki visi untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang.

Oleh karena itu, IKEA selalu berkomitmen untuk membawa nilai keberlanjutan di setiap proses pembuatan produknya.

Kemarin, IKEA Indonesia telah meluncurkan produk KÅSEBERGA yang merupakan hasil kolaborasi dengan World Surf League (WSL).

Produk ini terbuat dari bahan ramah lingkungan dan terbarukan dengan desain fungsional untuk menunjang gaya hidup aktif masyarakat yang sadar akan hidup berkelanjutan.

Kegiatan River Clean Up

Salah satu tindakan nyata dalam rangka mendukung peluncuran produk KÅSEBERGA dan mengurangi polusi plastik adalah kegiatan river clean up di Sungai daerah Jimbaran, Bali.
dukung-kebersihan-lingkungan-nilai-keberlanjutan-jadi-komitmen-bagi-industri-di-setiap-proses-produksinya-
Kegiatan river clean up di Sungai daerah Jimbaran, Bali
Kegiatan pembersihan sungai ini merupakan kolaborasi IKEA Indonesia dengan Sungai Watch, organisasi lingkungan yang memiliki fokus utama untuk mengurangi sampah plastik di sungai.

Tak hanya itu, bersamaan dengan launching produk KÅSEBERGA, IKEA Indonesia juga menginisiasi pengumpulan donasi.

Pelanggan yang membeli produk KÅSEBERGA selama periode 13 Mei 2022 sampai 13 Juni 2022 secara tidak langsung juga memberikan donasi untuk melindungi wilayah perairan Indonesia dari sampah plastik.

Donasi ini akan diberikan kepada organisasi Sungai Watch untuk melakukan pembersihan sungai agar dapat menyelamatkan laut dari limbah plastik berbahaya yang berasal dari sungai.
ikea-indonesia-bersama-sungai-watch-bersihkan-sampah-plastik-di-sungai-daerah-jimbaran
Kegiatan membersihkan sungai yang merupakan jalur utama sampah plastik sebelum menuju ke laut
Country Marketing Manager, Dyah Fitrisally mengatakan, “Kegiatan river clean up yang kami lakukan hari ini adalah bentuk nyata dari langkah kecil kami untuk mendukung lingkungan yang berkelanjutan.

Sampah plastik yang ada di sungai akan berdampak buruk pada laut, maka dari itu kami memilih untuk membersihkan sungai yang merupakan jalur utama sampah plastik sebelum menuju ke laut.”

Sally menambahkan, “Saya juga ingin mengajak masyarakat untuk mendukung kebersihan laut Indonesia dengan berdonasi melalui pembelian produk KÅSEBERGA yang terbuat dari bahan ramah lingkungan.

Saya yakin perubahan signifikan akan terjadi jika kita bersama-sama melakukan langkah kecil yang baik bagi lingkungan.”

Kepedulian Lingkungan Perairan di Indonesia

Co-Founder Sungai Watch, Kelly Bencheghib, Country Marketing Manager IKEA Indonesia, Dyah Fitrisally dan Atlet Peselancar Internasional Indonesia, Dhea Natasya turut berpartisipasi dalam melakukan proses pembersihan sungai di daerah Jimbaran, Bali.
ikea-indonesia-bersama-sungai-watch-bersihkan-sampah-plastik-di-sungai-daerah-jimbaran-
Komunitas peselancar, dan relawan lingkungan turut memberikan kontribusi dalam membersihkan sungai di daerah Jimbaran
Kelly menyambut baik adanya inisiatif serta komitmen dari IKEA Indonesia dalam upaya kepedulian lingkungan perairan di Indonesia.

“Melakukan kegiatan bersih-bersih sungai merupakan hal yang memiliki banyak pengaruh baik kepada lingkungan dan daerah yang berada di sekitar sungai.
Pada akhirnya, kegiatan ini dapat ikut menjaga kebersihan laut karena telah mencegah sampah di sungai mengalir ke laut.
Kami mengapresiasi komitmen IKEA Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan bersama Sungai Watch.”

Laut yang Lebih Bersih untuk Kegiatan Surfing

Atlet Peselancar Internasional Indonesia, Dhea Natasya, komunitas peselancar, dan relawan lingkungan turut memberikan kontribusi dalam membersihkan sungai di daerah Jimbaran.

Dhea menyampaikan, “Saya senang dapat menjadi bagian dari kegiatan di mana saya bisa berbuat baik untuk bumi dan lingkungan secara langsung.

Saya percaya kegiatan hari ini akan memberi pengaruh baik untuk masyarakat, khususnya teman-teman peselancar sehingga kami bisa melakukan kegiatan surfing dengan keadaan laut yang lebih bersih.”
ikea-indonesia-mengumpulkan-donasi-dari-penjualan-produk-kåseberga-untuk-melindungi-lingkungan-perairan-dari-sampah-plastik
Kondisi sungai sebelum dilakukan kegiatan river clean up
Tampak pada foto di atas ini adalah kondisi sungai sebelum dilakukan kegiatan river clean up oleh IKEA Indonesia dan Sungai Watch.

Sementara itu, foto di bawah ini adalah kondisi sungai setelah dilakukan kegiatan bersih-bersih sungai yang berhasil mengumpulkan 657 kilogram sampah yang nantinya akan dipilah untuk dijadikan barang-barang yang bisa digunakan kembali.
ikea-indonesia-mengumpulkan-donasi-dari-penjualan-produk-kåseberga-untuk-melindungi-lingkungan-perairan-dari-sampah-plastik-
Kondisi sungai setelah dilakukan kegiatan bersih-bersih sungai
Melalui kegiatan ini, IKEA Indonesia dan Sungai Watch ingin menginspirasi banyak orang untuk mulai mengadaptasi hidup berkelanjutan melalui langkah kecil seperti bersih-bersih sampah plastik.

Dukung Lingkungan Air Indonesia Bersih dari Sampah

Visi IKEA adalah untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang, dengan menawarkan rangkaian produk perabot rumah tangga yang fungsional, didesain dengan baik, dengan harga terjangkau sehingga lebih banyak orang dapat membelinya.

IKEA didirikan oleh Ingvar Kamprad di Småland, Swedia bagian selatan pada tahun 1943, saat ia berusia 17 tahun.

Nama perusahaan ini merupakan singkatan dari inisial namanya, IK, E kependekan dari Elmtaryd, nama peternakan dimana ia tumbuh, dan A kependekan dari Agunnaryd tempat dimana peternakan itu berada.

Konsep IKEA berbasis pada pengetahuan yang menyeluruh tentang kebutuhan dan fungsi kehidupan di rumah, dengan memadukan pengalaman penggunaan material dan teknik produksi.

IKEA memiliki pengalaman 75 tahun dalam mengembangkan dan menampilkan rangkaian produk IKEA.

Toko IKEA menghadirkan rangkaian perabot rumah tangga yang didesain dengan baik, fungsional dan diproduksi melalui riset dan pengembangan, quality control yang ketat, dan dengan memperhatikan keberlanjutan jangka panjang.

Sederhana, Multifungsi dan Memiliki Banyak Manfaat

Produk-produk IKEA memiliki desain sederhana, multifungsi dan memiliki banyak manfaat yang tak terlihat.

Produk IKEA dikemas datar, sehingga memungkinkan konsep “do-it-yourself” dan harga yang lebih terjangkau untuk produk yang dibuat oleh para desainer.

Bisnis IKEA di Indonesia dikelola di bawah hak waralaba eksklusif yang diberikan kepada PT Rumah Mebel Nusantara.

Toko IKEA pertama di Indonesia dibuka di Alam Sutera pada 15 Oktober 2014, disusul toko kedua, ketiga dan keempat yang dibuka di Sentul City, Kota Baru Parahyangan, dan Jakarta Garden City pada 28 November 2019, 28 Maret 2021, 16 September 2021 masing-masing.
Customer Meeting Point di Bali dibuka pada 18 November 2021.
Selain Customer Meeting Point yang disebutkan di atas, IKEA membuka city store pertamanya di Mall Taman Anggrek pada 7 April 2022.

Kegiatan river clean up merupakan kolaborasi antara IKEA Indonesia bersama Sungai Watch, Atlet Peselancar Internasional Indonesia, dan relawan lingkungan, sebagai salah satu langkah kecil IKEA dalam mendukung lingkungan air Indonesia bersih dari sampah.

Sehingga dengan dukung kebersihan lingkungan, nilai keberlanjutan jadi komitmen bagi industri di setiap proses produksinya.