jasa-pengiriman-ekspedisi

Strategi Pertumbuhan Berkelanjutan Hasilkan Pertumbuhan Pendapatan dan Nilai Investasi yang Luar Biasa

Ajang Berita - Strategi pertumbuhan berkelanjutan hasilkan pertumbuhan pendapatan dan nilai investasi yang luar biasa. SUEZ tingkatkan investasi hingga dua kali lipat guna memperkuat posisinya sebagai pemain terkemuka dalam bidang pengelolaan air dan limbah.

Strategi Pertumbuhan Berkelanjutan Hasilkan Pertumbuhan Pendapatan dan Nilai Investasi yang Luar Biasa

SUEZ hari ini memaparkan rencana strategis untuk tahun 2027. SUEZ berfokus pada bisnis utamanya, yakni air dan limbah, serta mengembangkan jangkauan internasional.
strategi-pertumbuhan-berkelanjutan-hasilkan-pertumbuhan-pendapatan-dan-nilai-investasi-yang-luar-biasa
Strategi pertumbuhan berkelanjutan hasilkan pertumbuhan pendapatan dan nilai investasi yang luar biasa
SUEZ akan menciptakan nilai tambah bagi seluruh pemegang saham lewat inovasi dan investasi bersama klien.

SUEZ menargetkan pertumbuhan pendapatan rata-rata tahunan berkisar 4% dan 5%, serta pertumbuhan EBITDA rata-rata tahunan yang melampaui angka pendapatannya.

Menghadapi tantangan lingkungan hidup dan energi yang baru, SUEZ akan menanamkan investasi baru, bersama klien, senilai lebih dari €860 juta, dibandingkan periode sebelumnya, dan akan meningkatkan anggaran penelitian dan pengembangan hingga lebih dari 50%.

Akuisisi SUEZ R&R di Inggris merupakan langkah strategis bagi SUEZ, memperkuat posisinya sebagai pemain global di sektor limbah.

Setelah akuisisi ini, pendapatan SUEZ akan mencapai €9 miliar dan memiliki 44.000 tenaga kerja.

Kontrak yang diumumkan hari ini untuk instalasi air limbah baru di India, nilai kontrak terbesar yang pernah diraih SUEZ di negara tersebut, menggambarkan ambisi pertumbuhan SUEZ di wilayah kerja baru.

Rencana Strategis Pengembangan Bisnis

Sejak awal 2022, SUEZ Group yang baru berhasil membuktikan daya tahan dan kemampuan untuk berkembang.

Didukung pemegang sahamnya—Meridiam, GIP, Caisse des Dépôts, dan CNP Assurances—SUEZ melakukan beberapa akuisisi strategis guna memperkuat posisinya di pasar utama dan lini bisnis: IWS di Perancis (Pengolah Limbah Industri, penanganan limbah berbahaya), EnviroServ di Afrika Selatan (pengelolaan limbah), SUEZ R&R di Inggris (daur ulang limbah dan pengumpulan limbah).

Kini, SUEZ memaparkan rencana strategis untuk tahun 2027 dengan ambisi menjadi mitra terpercaya yang menyediakan solusi sirkular untuk air dan limbah.

Rencana strategis ini memuat pengembangan bisnis yang berorientasi pada penciptaan nilai tambah lewat solusi teruji, meningkatkan inovasi dan memperkuat kemampuan investasi agar klien SUEZ mampu menangani tantangan lingkungan hidup yang kian berkembang.

Rencana strategis SUEZ mengacu pada tiga pilar yaitu berfokus pada aktivitas dan pasar utama SUEZ, berinvestasi dan berinovasi dalam solusi yang menjadi daya saing SUEZ, dan menciptakan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan SUEZ.

Fokus pada Aktivitas dan Pasar Utama

Dari sisi aktivitas, SUEZ akan berfokus pada bisnis Air dan Limbah. Dari sisi wilayah kerja, SUEZ akan mengembangkan pasar tertentu yang berprospek—Inggris, Italia, Tiongkok, India, Australia, Timur Tengah, dan afrika—dan, menyeimbangkan pasar maju yang berfokus pada inovasi, serta pasar baru yang memiliki pertumbuhan pesat.

Pada 2027, SUEZ menargetkan porsi pendapatan di pasar internasional sekitar 40%. Akuisisi SUEZ R&R di Inggris, pemain terbesar ketiga di Segmen Limbah dan berhasil memperkuat posisinya di bidang daur ulang dan energy recovery, akan menopang kepemimpinan SUEZ dalam metode pengumpulan limbah yang baru, serta mendiversifikasi jangkauan geografisnya.

Aksi korporasi ini merupakan akuisisi ketiga SUEZ dalam delapan bulan terakhir dengan nilai transaksi yang terbesar.

Investasi dan Inovasi dalam Solusi

SUEZ ingin menjadi pemain unggulan yang menguasai keahlian unik dalam konstruksi infrastruktur, serta kepemimpinan pasar yang telah diakui dalam inovasi, teknologi digital, dan pengalaman pelanggan.

Inovasi dan litbang akan diperkuat dalam pengembangan solusi baru untuk melestarikan sumber daya air, mengatasi polutan, daur ulang, serta memproduksi energi hijau dari limbah, dan mengurangi jejak karbon pelanggan.
SUEZ akan meningkatkan anggaran penelitian dan pengembangan sebesar 50%.
Lalu, dari sisi keunggulannya dalam solusi terkoneksi ("Aquadvanced" yang mengelola instalasi dan jaringan, smart meter, dan lain-lain), SUEZ akan terus berinvestasi dalam teknologi digital, dan teknologi yang berperan besar dalam melestarikan sumber daya yang semakin langka (mendeteksi kebocoran pada saluran air, menganjurkan pengguna tentang kesadaran energi, dan lain-lain).
Targetnya, meningkatkan pendapatan hingga dua kali lipat dari kegiatan ini dalam waktu lima tahun.
Berkomitmen terhadap ambisinya dalam menjalankan investasi bersama pelanggan, demi menjawab tantangan lingkungan hidup dan energi yang baru, SUEZ akan menanamkan investasi baru senilai €860 juta dibandingkan anggaran periode sebelumnya.

Ciptakan Nilai Tambah bagi Seluruh Pemangku Kepentingan

Lewat strategi ini, SUEZ ingin menciptakan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan:
  • Terkait pemangku kepentingan, strategi SUEZ ingin mencapai pertumbuhan profitabilitas yang melampaui pertumbuhan pendapatan.
  • Terkait tenaga kerja, SUEZ menjalankan kegiatan usaha sebagai bagian dari kebijakan kepemilikan saham. Sejalan dengan komitmen pemegang saham SUEZ, yakni porsi kepemilikan saham oleh tenaga kerja akan mencapai 10% dalam lima hingga tujuh tahun mendatang, SUEZ menggagas program kepemilikan saham oleh tenaga kerja (employee shareholding plan). SUEZ juga menetapkan target, yaitu 3% dari kepemilikan perusahaan akan dipegang tenaga kerja mulai dari tahun 2022. Jika diperlukan, tiga direktur yang mewakili tenaga kerja (satu orang mewakili pemegang saham dari kalangan pegawai, dua orang mewakili tenaga kerja) akan bergabung dalam jajaran Direksi SUEZ.
  • Lebih lagi, SUEZ memperbarui komitmen sosialnya. Pertama, lewat inisiatif inklusi, khususnya program yang dijalankan anak usaha SUEZ di bidang inklusi sosial, Rebond: anak usaha SUEZ memperingati hari jadinya yang ke-20 pada 2022, mencatat 10.500 penerima manfaat, 70% di antaranya berhasil memiliki pekerjaan yang stabil atau memperoleh kualifikasi yang telah diakui. Kedua, SUEZ berkomitmen menanamkan investasi dalam pengembangan keahlian dan kompetensi. SUEZ juga telah meningkatkan dukungannya terhadap Fondation SUEZ: mengalokasikan anggaran tahunan senilai hampir €3 juta, Fondation SUEZ mendukung proyek yang menyediakan akses layanan penting (air, sanitasi, dan limbah) di negara-negara baru dan berkembang, serta program inklusi sosial di Perancis. Kemitraan bersama tim sepeda perempuan FDJ-SUEZ juga membuktikan komitmen SUEZ dalam mempromosikan kemajemukan dan peluang yang setara.

Peta Jalan Pembangunan Berkelanjutan

Sebagai bagian dari strateginya, SUEZ ingin mempertahankan kepemimpinannya dalam pembangunan berkelanjutan.

Pada akhir 2022, SUEZ akan menerbitkan peta jalan pembangunan berkelanjutan, memaparkan kontribusi, ambisi, dan target yang telah dikuantifikasi dalam bidang iklim, konservasi alam, dan sosial.

Sebanyak 20% dari kompensasi jangka panjang untuk eksekutif SUEZ akan terhubung dengan pencapaian dalam bidang lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola perusahaan.

Secara keseluruhan, dari sisi finansial, implementasi strategi ini akan menghasilkan pertumbuhan pendapatan tahunan yang berkisar 4% dan 5%, serta pertumbuhan EBITDA yang melampaui pertumbuhan pendapatan tersebut.

Peningkatan Kualitas Hidup

Sebuah perusahaan baru dan ringkas, serta lebih gesit dan mengutamakan pelanggan akan menjalankan rencana ini. Implementasinya akan terstruktur seputar dua bisnis SUEZ, air dan limbah.

Perusahaan baru ini akan mengacu pada budaya kerja yang mempromosikan kewirausahaan dan pemberdayaan tim.
Di sisi lain, perusahaan ini juga akan meningkatkan keunggulan bisnis dan operasional.
Rencana strategis SUEZ sangat berakar pada visi tentang kontribusi sosial, tercantum dalam prinsipnya.

SUEZ optimis, lewat aktivitas di bidang air dan limbah, perusahaan akan berperan penting di setiap wilayah kerja, terutama meningkatkan kualitas hidup sehari-hari.

Dikembangkan dengan melibatkan pemangku kepentingan, tenaga kerja, pelanggan, dan mitra, prinsip SUEZ akan dirumuskan dalam target konkret dan terkuantifikasi dalam seluruh aktivitas.

Hal tersebut akan tercantum dalam anggaran dasar perusahaan setelah mendapat persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan SUEZ yang digelar pada Semester I-2023.

Komitmen dan Prinsip

Rencana strategis akan dijalankan dengan prinsip-prinsip:
  1. Menghadapi tantangan lingkungan hidup yang semakin berkembang, setiap hari, selama lebih dari 160 tahun, kami telah mendukung klien dan mitra untuk menyediakan layanan penting yang melindungi dan meningkatkan kualitas hidup di setiap wilayah kerja.
  2. Disatukan dengan semangat kerja, serta budaya kerja inklusif dan semangat tim, kami berinovasi untuk melestarikan air dan menciptakan nilai tambah dari limbah, dalam bentuk energi dan material daur ulang. Kami mempromosikan dan menerapkan perilaku yang bertanggung jawab, teknologi yang lebih efisien, serta solusi sirkular ketika melakukan daur ulang, serta memanfaatkan sumber daya Bumi yang terbatas dengan sebaik-baiknya.
  3. Berakar pada komunitas, kami berkomitmen menyediakan sumber daya bagi manusia dan bumi dengan masa depan bersama.

Tantangan Bersejarah

Ketika mempresentasikan rencana strategis tersebut, Sabrina Soussan, SUEZ Chair & CEO, berkomentar, "Segmen Air dan Limbah menghadapi tantangan bersejarah, ditandai situasi darurat dalam lingkungan hidup, serta perubahan paradigma dalam pemanfaatan energi.

Ambisi saya bagi SUEZ adalah menjadikannya mitra terpercaya yang menyediakan solusi sirkular dalam air dan limbah.

Kini, SUEZ telah menetapkan arah yang jelas guna mencapai ambisi ini: strategi pertumbuhan yang ambisius dan berkelanjutan untuk menghasilkan pertumbuhan pendapatan tahunan yang berkisar 4% dan 5% pada tahun 2027, berdasarkan nilai investasi yang luar biasa, serta meningkatkan anggaran litbang hingga 50%.
Akuisisi SUEZ R&R di Inggris sangat sejalan dengan strategi tersebut.
Di sisi lain, kontrak pengolahan air yang diraih di India, nilai kontrak terbesar yang pernah diperoleh SUEZ di negara ini, juga mencerminkan perkembangan kami menuju perusahaan yang memiliki keseimbangan dalam diversifikasi usaha dan wilayah kerja.

Didukung sejarah kami, keahlian dan semangat tim, serta dukungan pemegang saham, kami kini menuju babak baru SUEZ dengan optimisme dan tekad."

Solusi Akses Layanan Air dan Pengolahan Limbah

Menghadapi tantangan lingkungan hidup yang semakin besar, selama hampir 160 tahun, SUEZ menghadirkan layanan penting yang melindungi dan meningkatkan kualitas hidup.

SUEZ membantu pelanggan menyediakan akses terhadap layanan air dan pengolahan limbah dengan solusi yang tangguh dan inovatif.

Didukung 35.000 tenaga kerja di 40 negara, SUEZ juga membantu pelanggan menciptakan nilai tambah pada seluruh siklus aset dan layanan, serta mendorong transisi ekologi, bersama pengguna akhir.

Pada 2021, SUEZ memproduksi air minum bagi 66 juta orang di seluruh dunia, serta layanan sanitasi bagi lebih dari 33 juta orang.

SUEZ juga menghasilkan 3,6 TWh energi dari sampah dan air limbah per tahun, serta mencegah 3,8 juta ton emisi CO2.
Pada 2021, SUEZ membukukan pendapatan senilai EUR 7,5 juta.
Di Asia, kiprah SUEZ berawal sekitar 70 tahun lalu, pertama kali merambah Asia Tenggara lalu berekspansi ke Tiongkok sekitar 50 tahun lalu.

Didukung 6.500+ tenaga kerja dan 40+ usaha patungan bersama mitra lokal, SUEZ membangun 600+ instalasi pengolahan air dan air limbah.

SUEZ juga menyediakan layanan pengolahan air dan limbah bagi 20+ juta jiwa, serta layanan lingkungan hidup di 16 kawasan industri.

SUEZ juga mengelola kontrak pengelolaan air dengan skema kerja sama publik-swasta (PPP) yang pertama di Macau, mengelola salah satu fasilitas pengolahan limbah yang paling berbahaya di Asia, tepatnya di Shanghai, serta berinvestasi senilai lebih dari RMB 4 miliar di Chongqing.

Kini, SUEZ dikenal sebagai salah satu perusahaan yang paling berpengaruh dan menjadi standar layanan berkat kepemimpinannya di industri lingkungan hidup di Asia.

Dan dengan strategi pertumbuhan berkelanjutan hasilkan pertumbuhan pendapatan dan nilai investasi yang luar biasa.