Pererat Kerja Sama Strategis Tingkatkan Kerja Sama Mendalam di Berbagai Bidang

Ajang Berita - Pererat kerja sama strategis tingkatkan kerja sama mendalam di berbagai bidang. Global Times Online: Hainan gelar acara promosi pelabuhan perdagangan bebas di Indonesia, resmikan 13 perjanjian kerja sama.

Pererat Kerja Sama Strategis Tingkatkan Kerja Sama Mendalam di Berbagai Bidang

Provinsi Hainan, China Selatan, menggelar acara promosi Hainan Free Trade Port (FTP) di Jakarta, Indonesia, pada 17 Februari lalu.
pererat-kerja-sama-strategis-tingkatkan-kerja-sama-mendalam-di-berbagai-bidang
Pererat kerja sama strategis tingkatkan kerja sama mendalam di berbagai bidang
Di acara ini, Hainan memperkenalkan kebijakan dan peluang investasi yang menarik di FTP demi mempererat kerja sama dengan Indonesia dan ASEAN.

Di sisi lain, Hainan juga ingin membagikan berbagai peluang dari pembangunan FTP untuk mencapai kepentingan bersama dan hasil yang saling menguntungkan.

Potensi Industri Pariwisata dan Kebudayaan

Acara ini diikuti lebih dari 400 tamu, termasuk Lu Kang, Duta Besar China untuk Indonesia, Abdul Alek Soelystio, Ketua Perkumpulan Pengusaha Indonesia Tionghoa, Hou Yanqi, Duta Besar China untuk ASEAN, serta perwakilan dan pejabat permanen Kamboja, Indonesia, Laos, Myanmar, Filipina, Thailand, dan Vietnam untuk ASEAN.

Perwakilan asosiasi dagang besar di Indonesia, pelaku industri utama di Indonesia, perusahaan penanaman modal asing China, dan jurnalis turut berpartisipasi di acara tersebut.

Hainan juga memperkenalkan sektor pertanian tropis yang berefisiensi tinggi, serta perkembangan industri pariwisata dan kebudayaannya kepada para tamu di acara promosi tersebut.

Perwakilan perusahaan kopi asal Indonesia Kapal Api turut memaparkan rencana kerja sama antara pihaknya dan Hainan.

Kerjasama Proyek Kemitraan

Dalam sesi penandatanganan kontrak kerja sama, 13 proyek kemitraan antara Hainan dan Indonesia telah diresmikan.

Proyek ini mencakup pembukaan rute penerbangan internasional, pengadaan kelapa, pengadaan bahan baku karet alam, pendirian pabrik dan investasi, e-commerce lintaswilayah, serta bidang-bidang lain.
Kontrak kerja sama ini bernilai hampir RMB 3,5 miliar (sekitar $510 juta).
Acara promosi ini diadakan oleh Perkumpulan Pengusaha Indonesia Tionghoa dan Dinas Pembangunan Ekonomi Internasional Provinsi Hainan.

Lewat acara ini, Hainan akan mempererat kerja sama strategis dengan Indonesia dan ASEAN, serta meningkatkan kerja sama secara mendalam dan praktis di berbagai bidang.

Destinasi Investasi Utama

Hainan dan negara anggota ASEAN memiliki kedekatan geografis dan sejarah panjang dalam pertukaran antarwarga yang penuh persahabatan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Hainan dan Indonesia terus memperluas kerja sama ekonomi dan perdagangan, serta meningkatkan pertukaran SDM.

Sementara, volume perdagangan antara Hainan dan Indonesia berkembang pesat, bahkan Indonesia menjadi salah satu destinasi investasi utama bagi perusahaan asal Hainan di antara negara-negara anggota ASEAN lain.

Hal ini meningkatkan dan mempererat kerja sama strategis tingkatkan kerja sama mendalam di berbagai bidang dan sektor industri.
jasa-pengiriman-ekspedisi