jasa-ekspedisi-logistik

Perlunya Pemahaman Higiene Perusahaan dan Keselamatan Kerja

Ajang Berita, Kesehatan – Banyak perusahaan yang tidak sadar mengenai perlunya pemahaman higiene perusahaan dan keselamatan kerja bagi perusahaannya.

Perlunya Pemahaman Higiene Perusahaan dan Keselamatan Kerja

Dalam bidang kesehatan kerja kita mengenal suatu pendekatan pencegahan penyakit akibat kerja yang disebut higiene industri atau Hiperkes (Higiene Perusahaan dan Keselamatan Kerja). Hiperkes adalah lapangan ilmu kesehatan dan keselamatan kerja yg mengurusi problematik kesehatan dan keselamatan pekerja secara menyeluruh.

Perlunya-Pemahaman-Higiene-Perusahaan-dan-Keselamatan-Kerja
Perlunya Pemahaman Higiene Perusahaan dan Keselamatan Kerja

Maksud menyeluruh di sini adalah bahwa setiap perusahaan melalui organisasinya harus berperan proaktif dalam menyelenggarakan usaha-usaha preventif untuk menyelesaikan segala problema kesehatan dilingkungan kerja, mengidentifikasi dan mengendalikan potensi bahaya yg ada selain untuk mencegah Penyakit Akibat Kerja (PAK) serta memantau pelaksanaan program K3 lainnya.

Pentingnya sertifikasi kesehatan kerja atau hiperkes bagi dokter dan perawat perusahaan diatur pemerintah melalui PERMENAKERTRANS No. 01 tahun 1976 tentang Wajib Latih Hiperkes bagi dokter perusahaan dan PERMENAKERTRANS No. 01 tahun 1979 tentang wajib Latih Hiperkes bagi paramedis perusahaan.

Biasanya materi pelatihan Hiperkes terdiri dari peraturan perundang-undangan kesehatan kerja, dasar keselamatan dan kesehatan kerja, hazards fisik, biologi, kimia, psikologi dan ergonomic, penyakit akibat kerja, SMK3 dan Sistem Manajemen K3, sanitasi industry, pelaporan kesehatan kerja, gizi kerja dan produktivitas kerja, toxikologi industri, higiene industri termasuk pengelolaan limbah, dan juga program Jamsostek.

Sebaiknya pada dokter dan perawat perusahaan memperoleh pelatihan mengenai Hiperkes, dengan tujuan untuk mendapatkan sertifikasi sebagai Paramedis dan Dokter HIPERKES. Selain itu juga untuk meningkatkan derajat kesehatan dan keselamatan kerja perusahaan dan sebagai pemenuhan peraturan perundangan. Sehingga para karyawan dan pimpinan menyadari perlunya pemahaman higiene perusahaan dan keselamatan kerja.