Rumah Sakit Sungai Buloh di Malaysia Gunakan Solusi AI dan Cloud Computing Dalam Upaya Eradikasi Pandemi COVID-19

Ajang Berita, Kesehatan - Rumah Sakit Sungai Buloh di Malaysia gunakan solusi AI dan cloud computing dalam upaya eradikasi pandemi COVID-19. Solusi ini melengkapi pekerja medis setempat dengan solusi AI untuk analisis CT terhadap pasien yang berpotensi mengidap COVID-19.

Rumah Sakit Sungai Buloh di Malaysia Gunakan Solusi AI dan Cloud Computing Dalam Upaya Eradikasi Pandemi COVID-19


Huawei Cloud dan Kementerian Kesehatan Malaysia Bantu Rumah Sakit Sungai Buloh Lewat Solusi Artificial Intelligence (AI) untuk Pemberantasan Pandemi COVID-19.
rumah-sakit-sungai-buloh-di-malaysia-gunakan-solusi-ai-dan-cloud-computing-dalam-upaya-eradikasi-pandemi-covid-19
Rumah Sakit Sungai Buloh di Malaysia Gunakan Solusi AI dan Cloud Computing Dalam Upaya Eradikasi Pandemi COVID-19
Huawei Malaysia telah bermitra dengan Kementerian Kesehatan Malaysia untuk menyumbangkan solusi Diagnosis buatan Huawei Cloud yang didukung kecerdasan buatan (AI) kepada Rumah Sakit Sungai Buloh.

Solusi ini melengkapi pekerja medis setempat dengan solusi AI untuk analisis CT terhadap pasien yang berpotensi mengidap COVID-19.

Sistem analisis citra medis kuantitatif yang didukung AI buatan Huawei Cloud telah dipakai untuk menangani kondisi terkait COVID-19 di seluruh dunia.

Sistem ini bisa menganalisis ratusan gambar CT dalam hitungan detik dan secara cermat menemukan lesi. Hasilnya, dokter kini bisa memperoleh hasil diagnosis hanya dalam satu menit.

Huawei Cloud bekerja sama dengan HY medical (usaha rintisan asal Beijing yang bergerak di bidang pencitraan medis dengan kecerdasan buatan) untuk mengembangkan platform AI.

Platform tersebut telah dilatih dengan 4.000+ data gambar pasien yang terkonfirmasi COVID-19, serta dapat berperan sebagai "dokter super".

Platform ini juga bisa menganalisis kontur paru-paru yang diduga mengidap pneumonia dari citra "CT Chest DICOM".

Lalu, tingkat kemungkinan COVID-19 disajikan kepada dokter spesialis radiologi sebagai bahan acuan yang membantu mereka untuk memeriksa kasus-kasus terduga COVID-19 dan membuat diagnosis yang tepat.

Bantuan ini disalurkan setelah pengumuman global yang dirilis Huawei Cloud pada minggu lalu. Lewat pengumuman tersebut, Huawei Cloud mengungkapkan rencananya untuk menyediakan jasa AI dan cloud secara gratis sebagai bagian dari rencana aksi internasional dalam pemberantasan pandemi yang telah berdampak pada jutaan orang di dunia.

Di Rumah Sakit Sungai Buloh, Michael Yuan, CEO, Huawei Malaysia, berkata, "Pandemi COVID-19 telah mengakibatkan lonjakan permintaan terhadap berbagai jasa kesehatan digital di seluruh dunia. Warga Malaysia kian terdorong untuk menerapkan berbagai solusi transformasi digital sehingga kiprah transformasi digital berjalan lebih cepat. Teknologi AI mutakhir ini tengah dipakai di industri kesehatan demi menjaga kesehatan dan keselamatan warga Malaysia. Dengan mengandalkan layanan core cloud, solusi kami mewujudkan deteksi dan diagnosis tahap awal untuk COVID-19. Dengan demikian, pihak rumah sakit bisa cepat mengidentifikasi pasien-pasien terinfeksi agar mereka segera dikarantina dan dirawat. Lewat solusi Huawei Cloud, pemberantasan infeksi COVID-19 berlangsung lebih efektif."

"Para pekerja medis yang berada di garis depan menghadapi tantangan besar setiap hari. Sambil menunggu respons Pemerintah untuk mengatasinya, kita memerlukan sumber daya dan dukungan tambahan demi memberantas penyakit ini. Mewakili Rumah Sakit Sungai Buloh, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan Huawei Malaysia dalam bentuk peralatan yang bisa menyelamatkan jiwa manusia, serta mengurangi risiko infeksi supaya pekerja medis bisa menjalankan tugas-tugasnya dengan lebih baik dan aman," kata Dr Yun Sii Ing, Consultant Clinical Radiologist, Head of Department, Rumah Sakit Sungai Buloh.

Dalam acara penyerahan bantuan kemarin di kantor Kementerian Kesehatan di Putrajaya, Menteri Kesehatan Malaysia Datuk Seri Dr. Adham bin Baba, juga mengapresiasi Huawei, dan berkata, "Di era teknologi, kecerdasan buatan menjadi perangkat baru bagi sektor layanan kesehatan. Huawei Cloud bersumbangsih besar dengan menyediakan perangkat diagnosis yang didukung AI untuk 'CT scan'.

Perangkat ini telah terpasang di Rumah Sakit Sungai Buloh, salah satu garis terdepan dalam pemberantasan COVID-19.

Di samping itu, mengingat pentingnya peran konektivitas, Huawei juga ikut meningkatkan kualitas Wi-Fi di pusat penanganan COVID-19 di Sungai Buloh melalui Wi-Fi 6."

Solusi Diagnosis dengan dukungan AI dari Huawei Cloud berhasil memberikan diagnosis yang lebih cepat, dan kelak menjadi dasar bagi pengembangan sejumlah teknologi inovatif.

Solusi tersebut juga turut meningkatkan mutu layanan kedokteran di sejumlah rumah sakit milik pemerintah di seluruh Malaysia.

Solusi ini ingin memberikan nilai tambah yang lebih besar bagi industri kesehatan, dan akhirnya ikut mendukung perkembangan Malaysia sebagai bangsa digital.

Huawei Cloud berkomitmen untuk menyediakan layanan cloud yang stabil, aman, dapat diandalkan, serta berkelanjutan sehingga berbagai organisasi bisa berkembang di tengah dunia yang canggih.

Rumah Sakit Sungai Buloh di Malaysia gunakan solusi AI dan cloud computing dalam upaya eradikasi pandemi COVID-19.

saffron-super-negin