Selain Menghemat Biaya, Kolaborasi dan Kordinasi Hasilkan Efisiensi yang Lebih Baik dalam Proses Kerja

Ajang Berita - Selain menghemat biaya, kolaborasi dan kordinasi hasilkan efisiensi yang lebih baik dalam proses kerja. JJ-LAPP dan Trina Solar teken kontrak kerja sama strategis, segera tingkatkan bisnis di Asia Tenggara hingga dua kali lipat pada 2023.

Selain Menghemat Biaya, Kolaborasi dan Kordinasi Hasilkan Efisiensi yang Lebih Baik dalam Proses Kerja

JJ-LAPP, usaha patungan antara Jebsen & Jessen Group dan LAPP Holding Asia, bersama Trina Solar, vendor terkemuka dunia yang menyediakan solusi PV dan energi canggih (smart energy) terlengkap, menandatangani nota kesepahaman (MOU) tentang kemitraan strategis.
Kedua perusahaan juga memprediksi permintaan tenaga surya yang luar biasa di Asia Tenggara.
JJ-LAPP dan Trina Solar sepakat mengembangkan proyek PV tenaga surya di Asia Tenggara bagi pelanggan yang bergerak di segmen tenaga surya berskala komersial dan industri (commercial, industrial/ C&I) serta infrastruktur.

Kerjasama Proyek Tenaga Surya

Trina Solar menyediakan panel surya, tracker, sistem supervisory control and data acquisition (SCADA), serta produk lain yang diperlukan dalam instalasi C&I dan infrastruktur.
selain-menghemat-biaya-kolaborasi-dan-kordinasi-hasilkan-efisiensi-yang-lebih-baik-dalam-proses-kerja
Selain menghemat biaya, kolaborasi dan kordinasi hasilkan efisiensi yang lebih baik dalam proses kerja
Sementara, JJ-LAPP menyediakan jenis produk lain dalam instalasi tenaga surya—seperti kabel AC dan DC, konektor, dan lain-lain—yang turut berperan penting, serta ikut menurunkan biaya balance of system (BOS) pada proyek tenaga surya.

Kedua perusahaan sebelumnya telah bekerjasama dalam proyek tenaga surya di Asia Tenggara, khususnya Indonesia, Filipina, dan Thailand.

Misalnya, JJ-LAPP dan Trina Solar telah menggarap banyak instalasi tenaga surya di atap bangunan di Indonesia, serta proyek 6,28 MW untuk pengembang tenaga surya asal Indonesia.

Peningkatan Volume Pesanan

Di Filipina, JJ-LAPP dan Trina Solar sempat mengerjakan instalasi tenaga surya di atap bangunan untuk peritel furnitur yang memiliki beberapa gerai berskala besar di negara tersebut.
Setiap instalasi tenaga surya di atap bangunan yang berskala komersial ini berdaya 120-300kW.
JJ-LAPP dan Trina Solar pertama kali bekerja sama di Singapura pada 2020. Sejak itu, kemitraan kedua pihak semakin luas di Asia Tenggara.

MOU baru tersebut, ditandatangani hari ini di Singapura, segera berlaku. Volume pesanan JJ-LAPP atas panel surya Trina Solar pada tahun ini akan meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan volume tahun lalu yang mencapai 21 MW.

Fokus Strategis dan Dukungan Mitra

CEO, JJ-LAPP, Marc von Grabowski, berkata: "Segmen tenaga surya menjadi fokus strategis JJ-LAPP.

Kami mendapat kehormatan bekerja sama dengan Trina Solar sebagai mitra yang berkomitmen dan memiliki ambisi serupa dengan kami, yakni menyediakan tenaga surya yang andal di Asia Tenggara.

Selama beberapa tahun terakhir, kami tidak hanya memperoleh produk bermutu dari Trina Solar sebagai bagian dari paket sistem tenaga surya JJ-LAPP—namun juga mengapresiasi dukungan profesional Trina Solar."

Regional Head, Renewable Energy, JJ-LAPP, John Hng, menambahkan: "Satu batang lidi tak berarti apa-apa, namun bila diikat menjadi satu akan menyapu segalanya."

Kolaborasi dan Koordinasi

Todd Li, President, Trina Solar Asia Pacific, berkata: "Trina Solar akan mempertahankan posisinya sebagai pemimpin industri dan memenuhi pesatnya permintaan pasar atas panel PV berkinerja tinggi.

Lewat kolaborasi, kami dapat menurunkan biaya BOS, sebab JJ-LAPP dan Trina Solar memasok paket perangkat lunak untuk instalasi tenaga surya.

Kami juga ikut menghemat biaya tenaga kerja dalam proyek yang digarap klien dengan berkoordinasi dan menghasilkan efisiensi yang lebih baik dalam proses kerja."

Lewat MOU baru ini, JJ-LAPP dan Trina Solar juga sepakat agar saling mendukung dalam kegiatan pengelolaan dan pemeliharaan proyek instalasi tenaga surya.

Kolaborasi ini membantu proyek milik klien untuk mencapai biaya yang lebih hemat selama siklus pemakaian.

Efisiensi biaya operasional dan pemeliharaan pada siklus instalasi tenaga surya berperan besar dalam memangkas levelized cost of energy (LCOE).

Industri Energi Cerdas

Berdiri pada 1997, Trina Solar adalah vendor terkemuka dunia yang menyediakan solusi PV dan energi canggih (smart energy) terlengkap.

Trina Solar bergerak dalam penelitian dan pengembangan, produksi, serta penjualan produk PV; pengembangan, pengelolaan, dan pemeliharaan proyek PV; smart micro-grid serta pengembangan dan penjualan berbagai sistem pendukung multienergi, serta pengoperasian energy cloud-platform.

Pada 2018, Trina Solar meluncurkan merek Energy IoT dan mendirikan Trina Energy IoT Industrial Development Alliance bersama perusahaan dan lembaga riset terkemuka di China dan dunia, serta membentuk New Energy IoT Industrial Innovation Center.

Melalui sejumlah langkah tersebut, Trina Solar berkomitmen bekerja sama dengan para mitranya dalam membangun ekosistem energy IoT, serta mengembangkan platform New Energy IoT.

Trina Solar berupaya menjadi pemimpin industri intelligent energy di tingkat dunia. Pada Juni 2020, Trina Solar terdaftar pada STAR Market di Bursa Efek Shanghai.

Solusi Maksimalkan Investasi Pelanggan

JJ-LAPP terbentuk sebagai usaha patungan antara Jebsen & Jessen Group dan LAPP Holding Asia Pte Ltd., anak usaha LAPP Group asal Jerman.

JJ-LAPP menjadi penyedia solusi kabel dan konektivitas yang terkemuka di ASEAN.

JJ-LAPP memberikan nilai tambah kepada pelanggan dengan melokalisasi inovasi Jerman, membuat produk-produk bermutu tinggi di Indonesia, serta melengkapinya dengan rangkaian produk dari merek-merek ternama di dunia.

Lewat langkah tersebut, JJ-LAPP menghadirkan berbagai jenis solusi yang dapat memaksimalkan imbal hasil atas investasi pelanggan.

Melayani wilayah ASEAN, tim JJ-LAPP bertekad menjalin kemitraan berdasarkan prinsip kepercayaan dengan pelanggan.

Maka, JJ-LAPP membantu pelanggan mewujudkan kesuksesan bisnis. JJ-LAPP bergerak di sektor Otomatisasi Gedung (Building Automation), Otomatisasi Industri (Industrial Automation), Energi Terbarukan, Original Equipment Manufacturer, Transportasi, dan Otomotif, serta menyediakan solusi kabel dan komunikasi sejak 1980.

Dengan solusi tersebut, selain menghemat biaya, kolaborasi dan kordinasi hasilkan efisiensi yang lebih baik dalam proses kerja.
jasa-pengiriman-ekspedisi