Tradisi Berbelanja di Bazar Ramadhan, sebagai bagian dari menyambut Hari Raya

Ajang Berita - Tradisi berbelanja di Bazar Ramadhan, sebagai bagian dari menyambut Hari Raya. Kembali tinjau Bazar Ramadan 2023, Mendag Zulkifli: bantu masyarakat hadapi Lebaran.

Tradisi Berbelanja di Bazar Ramadhan, sebagai bagian dari menyambut Hari Raya

Bulan Ramadhan selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia.

Bulan suci ini diisi dengan berbagai kegiatan ibadah, termasuk berpuasa sepanjang hari dan menunaikan salat tarawih di malam hari.

Selain itu, ada juga tradisi berbelanja di bazar Ramadhan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat muslim di Indonesia.

Bazar Ramadhan biasanya diadakan di berbagai tempat, seperti lapangan, taman, atau di sepanjang jalan raya.

Di sana, pengunjung dapat menemukan berbagai macam makanan dan minuman khas Ramadhan, seperti ketupat, opor ayam, kolak, es kelapa muda, dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada juga barang-barang kebutuhan sehari-hari dan pernak-pernik khas lebaran yang dijual di bazar Ramadhan.

Namun, tidak hanya sekedar tempat berbelanja, bazar Ramadhan juga menjadi ajang berkumpulnya keluarga dan teman-teman untuk menikmati hidangan khas Ramadhan bersama-sama.

Di tengah suasana yang penuh kehangatan dan kebersamaan, menjelang lebaran menjadi momen yang sangat dinanti oleh masyarakat muslim.

Pelaksanaan Bazar Ramadhan

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan kembali meninjau pelaksanaan Bazar Ramadan yang ditujukan untuk masyarakat sekitar agar bisa mendapatkan barang kebutuhan pokok (bapok) selama puasa dan menjelang Lebaran.
tradisi-berbelanja-di-bazar-ramadhan-sebagai-bagian-dari-menyambut-hari-raya
Tradisi berbelanja di Bazar Ramadhan, sebagai bagian dari menyambut Hari Raya
Bazar Ramadan yang digelar hari ini, Selasa (4/4) berlangsung di Kantor Kecamatan Kebayoran Baru dan Kalibata City, Jakarta Selatan.

"Alhamdulillah, hari ini kita bisa mengadakan bazar ramadan agar ibu-ibu bisa memperoleh kebutuhan bapok untuk lebaran seperti tepung, gula, beras, minyak goreng dengan harga sesuai yang ditetapkan Pemerintah.

Kalau mau Lebaran biasanya harganya naik, dengan bazar ini mudah mudahan kenaikan bisa ditahan tidak terlalu tinggi,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Ragam Produk di Bazar Ramadhan

Pada Bazar Ramadan ini, sejumlah produk yang dijual antara lain makanan, minuman, camilan, hingga pakaian yang merupakan produk usaha kecil dan menengah (UKM).

Produk-produk tersebut antara lain tepung terigu Rp20.000/kg, minyak goreng Minyakita Rp13.500/liter, serta gula kristal putih Rp 12.000/kg.

Mendag Zulkifli Hasan sebelumnya juga mengungkapkan, Bazar Ramadan akan digelar selama bulan puasa di berbagai tempat lainnya.
Setiap hari ada dua kegiatan bazar.
Pada Sabtu (1/4) lalu, Kemendag menggelar bazar Ramadan di Kids Republic School, Jatinegara, Jakarta Timur.

Besok rencananya bazar Ramadan akan diselenggarakan di daerah Jakarta Barat dan Jakarta Timur dan dilanjutkan di lokasi-lokasi lainnya hingga 18 April 2023.

Stok Bahan Pokok Jelang Lebaran

Mendag Zulkifli Hasan menegaskan, menjelang Lebaran harga bapok terpantau stabil dan stok aman.

“Alhamdulillah harga-harga stabil, memang ada beberapa yang naik. Harga komoditas yang sedang naik adalah cabai, tetapi saat ini sudah turun," jelas Mendag Zulkifli Hasan.

Menurut Mendag Zulkifli Hasan, sekarang harga cabai sebesar Rp40.000-Rp45.0000/kg dan cabai rawit memang masih agak tinggi.
Sedangkan untuk komoditas telur, ayam, dan bawang harganya stabil.
Untuk bawang putih kating memang mahal, yaitu dua kali lipat. Sedangkan untuk bawang putih yang biasa harganya normal sebesar Rp25.000-Rp26.000/kg.

"Selain itu, untuk stok pangan cukup, barangnya banyak. Doakan sampai Lebaran tidak ada masalah apa-apa,” imbuhnya.

Sementara itu, terkait harga beras yang sempat naik, Mendag Zulkifli Hasan mengungkapkan, saat ini harganya sudah stabil, turun sedikit.

"Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan harga beras yang murah dapat membeli beras Bulog seharga Rp9.450/kg atau Rp47.000 per 5 kg,” katanya.

Stabilisasi Harga Bahan Pokok

Mendag Zulkifli Hasan menambahkan, upaya stabilisasi harga bapok tidak hanya dilakukan Kemendag.

“Mendagri sudah melakukan rapat dengan bupati dan gubernur dari seluruh Indonesia. Kalau harga naik tidak lebih dari lima persen, Pemerintah akan memberikan subsidi untuk ongkos kirimnya.

Jika harga tetap naik lagi, Pemerintah akan menggelar bazar seperti ini atau menyubsidi harganya,” imbuhnya.

Mendag Zulkifli Hasan juga mengingatkan agar pelaku usaha tidak menimbun barang dan terjadi kelangkaan.

“Saya ingatkan kepada pelaku usaha jangan sewenang-wenang, barangnya disimpan dulu, sampai langka, mahal, baru dijual.

Kalau ditumpuk harganya naik. Itu tidak berkah. Jangan lupa Pemerintah memiliki Satgas Pangan yang akan menyita barang,” pungkas Mendag Zulkifli Hasan.

Selain sebagai ajang berbelanja dan berkumpulnya keluarga dan teman-teman, bazar Ramadhan juga menjadi sarana untuk menghidupkan perekonomian di daerah sekitar.

Itulah sebabnya tradisi berbelanja di bazar Ramadhan, sebagai bagian dari menyambut Hari Raya, tetap menjadi hal yang sangat dinantikan oleh masyarakat muslim di Indonesia.
jasa-pengiriman-ekspedisi