Manfaatkan Teknologi Open RAN, Jaringan Seluler Persempit Kesenjangan Digital dan Tingkatkan Konektivitas Pedesaan

Ajang Berita - Axiata akan mengkomersilkan Open RAN untuk kepemimpinan jaringan di Asia yang sedang berkembang dengan manfaatkan teknologi Open RAN, jaringan seluler persempit kesenjangan digital dan tingkatkan konektivitas pedesaan.

Manfaatkan Teknologi Open RAN, Jaringan Seluler Persempit Kesenjangan Digital dan Tingkatkan Konektivitas Pedesaan

Axiata Group Berhad ("Axiata" atau "Grup") telah memulai program transformasi jaringan yang ambisius, memanfaatkan Open Radio Access Networks (Open RAN).

Open RAN akan digunakan sebagai teknologi utama untuk jaringan seluler yang dirancang untuk mempersempit kesenjangan digital dan meningkatkan konektivitas pedesaan di seluruh Asia.
manfaatkan-teknologi-open-ran-jaringan-seluler-persempit-kesenjangan-digital-dan-tingkatkan-konektivitas-pedesaan
Manfaatkan teknologi Open RAN, jaringan seluler persempit kesenjangan digital dan tingkatkan konektivitas pedesaan
Kemitraan strategis utama yang dibentuk dengan penyedia solusi jaringan kelas dunia, Mavenir, Parallel Wireless dan raksasa TI global Infosys mengarah pada percontohan komersial Open RAN yang sukses di Malaysia, Sri Lanka dan Indonesia.

Uji Coba Komersial Open RAN Pertama dan Satu-satunya di Sri Lanka dan Malaysia

Modernisasi jaringan memperoleh daya tarik karena posisi Axiata untuk kepemimpinan jaringan di seluruh jejaknya, dengan penyebaran komersial RAN Terbuka 2G dan 4G tunggal yang sesuai dengan kinerja pemain lama di brown field environment.

Melihat penyebaran komersial skala besar pada akhir tahun, Axiata Grup telah berhasil melakukan uji coba lapangan komersial Open RAN di Malaysia, Indonesia, dan Sri Lanka melalui kemitraan strategis dengan penyedia solusi jaringan global terkemuka Mavenir dan Parallel Wireless dan didukung oleh Infosys sebagai integrator sistem (SI).

Melalui kemitraan strategisnya dengan Mavenir, penyedia perangkat lunak jaringan ujung ke ujung di industri, Axiata telah menerapkan solusi MAVair Open vRAN termasuk semua aplikasi G Open RAN, Packet Core, dan Jaringan Seluler di lokasi tertentu, di Malaysia, Indonesia, dan Sri Lanka.

Solusi RAN Terbuka Pertama yang Digunakan Secara Komersial dengan Backhaul Satelit

Untuk mensimulasikan kondisi backhaul yang tidak ideal, terutama untuk daerah pedesaan, situs yang dipilih terhubung dengan backhaul yang tidak ideal (tautan microwave), dan dalam beberapa kasus satelit, menjadikannya situs Open vRAN bertenaga backhaul satelit pertama di dunia.

Selama fase pengujian, Axiata juga dapat mencapai integrasi layanan komersial langsung pertama dari Radio Evenstar 4G Telecom Infra Project (TIP) melalui solusi berbasis MAVair O-RAN Mavenir untuk Open RAN.

Axiata adalah peserta inisiatif TIP di mana komunitas global perusahaan dan organisasi bekerja sama untuk mempercepat pengembangan dan penerapan solusi teknologi terbuka, terpilah, dan berbasis standar yang memberikan konektivitas berkualitas tinggi dan berbiaya rendah.

Uji coba komersial Axiata juga mencakup kolaborasi dengan Parallel Wireless, perusahaan Open RAN yang berbasis di AS yang menghadirkan semua solusi Open RAN G, cloud-native.

Axiata berhasil mendemonstrasikan penyebaran komersial konektivitas 2G dan 4G Open RAN dalam jaringannya di Sri Lanka yang dioperasikan oleh Dialog Axiata.

Solusi Parallel Wireless memungkinkan teknologi 2G dan 4G untuk diinstal pada unit radio yang sama, dengan baseband yang digunakan pada platform komersial-off-the-shelf (COTS) x86, dan semua aplikasi lain yang digunakan pada infrastruktur cloud OpenStack Axiata.

Uji coba lapangan sekarang ditingkatkan ke ketersediaan komersial, termasuk situs 3-Sektor, 4-Sektor dan 6-Sektor, dan menunjukkan kinerja jaringan berkualitas tinggi.

Pengalaman pengguna akhir terbukti mulus dan, dalam beberapa kasus, unggul dalam hal pengalaman mobile broadband termasuk layanan suara generasi berikutnya.

Penyebaran Komersial Mencakup Lingkungan Pedesaan, Sub-Urban dan Perkotaan

Pergeseran paradigma dalam jaringan telekomunikasi menuju Open RAN membutuhkan kemampuan integrasi sistem untuk menyatukan ekosistem komponen terpilah menggunakan antarmuka terbuka standar pada perangkat keras tujuan umum dan memastikan interoperabilitas dalam lingkungan kelas operator.

Axiata didukung oleh Infosys dalam menjalankan integrasi sistem multi-faceted yang diperlukan untuk mendemonstrasikan cakupan yang komprehensif dari opsi konfigurasi Open RAN.

Thomas Hundt, Group Executive Vice President – Technology Axiata mengatakan, "Open RAN adalah masa depan untuk jaringan seluler, dan ini akan sangat penting untuk ekspansi 4G serta evolusi 5G yang akan segera diterima oleh pasar Axiata.

Menyelaraskan dengan visi kami untuk menjadi The Next Generation Digital Champion, manfaat dari jaringan terbuka akan memungkinkan Axiata untuk lebih melayani kebutuhan konektivitas yang meningkat di seluruh wilayah, terutama di daerah pedesaan dan tertinggal, sambil memastikan penciptaan nilai yang berkelanjutan bagi para pemangku kepentingan kami.”

“Bersama dengan mitra kami Mavenir, Parallel Networks dan Infosys, dan sejalan dengan dorongan konektivitas global di bawah Proyek Infrastruktur Telekomunikasi, Axiata berkomitmen untuk merangkul infrastruktur yang sepenuhnya otomatis untuk meningkatkan ekosistem jaringan terbuka di Asia.
Uji coba kami yang sukses di Malaysia, Sri Lanka dan Indonesia membuktikan bahwa solusi Open RAN memungkinkan efisiensi operasional dan biaya yang lebih besar menggunakan teknologi canggih, sementara juga memenuhi kebutuhan upaya inklusi digital kami di seluruh kawasan.
Kami berharap dapat mengambil langkah selanjutnya menuju komersialisasi dalam upaya kami untuk mengkatalisasi perubahan permainan kemajuan di Asia yang sedang berkembang," katanya.

Pardeep Kohli, Presiden dan CEO Mavenir mengatakan, "Mavenir senang bekerja dengan Axiata dalam inisiatif transformasi jaringan radio mereka dan untuk mencapai hasil yang sangat baik dalam lingkungan hidup sehari-hari, membuktikan fleksibilitas ekstrim Open vRAN.

Kolaborasi ini akan mengubah jaringan yang ada menjadi jaringan platform berbasis cloud yang dinamis, gesit, dan asli tempat Mavenir dan Axiata akan membangun Jaringan Masa Depan."

Keith Johnson, Presiden Parallel Wireless mengatakan, "Kami merasa terhormat dapat bermitra dengan Axiata, menggantikan peralatan vendor lama mereka dengan Solusi Open RAN terdepan kami untuk memungkinkan layanan broadband 2G dan 4G di Sri Lanka dan anak perusahaan Axiata lainnya.

Kami sangat senang bahwa uji coba berhasil, dan kami menantikan penerapan komersial pada tahun 2021."

Penyebaran Komersial Pertama Evenstar Split 7.2 TIP. Arsitektur Radio Unit (RU)

Anand Swaminathan, EVP & Global Industry Leader, Communications, Media & Technology Infosys mengatakan, "Open RAN mengubah arsitektur nirkabel dan memungkinkan operator Telecom menjadi lebih kompetitif dan inovatif, sambil memberikan mereka fleksibilitas dalam ekosistem pemasok komponen RAN.
Keberhasilan penyelesaian uji coba lapangan pada jaringan langsung merupakan tonggak utama untuk mempercepat penyebaran skala jaringan RAN virtual dan Terbuka.
Infosys sangat senang menjadi mitra SI untuk Axiata dalam perjalanan transformasi ini dan berkomitmen untuk berdiri bersama untuk mencapai lebih banyak tonggak dalam masa depan yang dekat."

Sebagai salah satu grup telekomunikasi terkemuka di Asia dalam mengejar visinya untuk menjadi The Next Generation Digital Champion pada tahun 2024, Axiata telah bertransformasi dari entitas induk dengan portofolio aset seluler murni menjadi bisnis yang digerakkan oleh Strategi Triple Core yang berfokus pada Telco Digital, Bisnis Digital dan Infrastruktur.

Di ASEAN dan Asia Selatan, Grup Axiata memiliki saham pengendali di operator seluler dan tetap yang memimpin pasar di kawasan ini termasuk 'Celcom' di Malaysia, 'XL' di Indonesia, 'Dialog' di Sri Lanka, 'Robi' di Bangladesh, 'Smart ' di Kamboja dan 'Ncell' di Nepal. Axiata secara aktif mempelopori upaya untuk mengubah operasi mobile-centric menjadi perusahaan konvergensi digital.

Axiata Digital, cabang layanan digital Axiata berfokus pada dua vertikal bisnis digital yaitu Digital Financial Services ('Boost', 'Aspirasi') dan Digital Analytics & AI ('ADA').

'edotco', perusahaan infrastruktur Grup Axiata, beroperasi di delapan negara untuk memberikan layanan infrastruktur telekomunikasi, dengan memiliki sekitar 32.800 menara.

Saat ini perusahaan menara independen terbesar ke-16 secara global, bertujuan untuk menjadi salah satu perusahaan menara telekomunikasi regional teratas dan berkomitmen untuk operasi bisnis yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Sebagai investor yang berkomitmen dan berjangka panjang, dan sejalan dengan tujuan keberlanjutannya, Grup Axiata secara aktif mendukung dan mendorong pengembangan talenta muda; tanggap bencana dan pemulihan; serta inisiatif hijau.

Tujuan Axiata yang lebih luas dari Advancing Asia bertujuan untuk mengumpulkan yang terbaik di kawasan ini dalam hal inovasi, konektivitas, dan bakat.

Dengan manfaatkan teknologi Open RAN, jaringan seluler persempit kesenjangan digital dan tingkatkan konektivitas pedesaan.
jasa-pengiriman-ekspedisi